Ketersediaan Beras di Bulog Aman Hingga Lima Bulan ke Depan

  • 49 views
  • 0 comments

SULTENG, Ekpos.Com--- Menjelang bulan suci Ramadhan 1439 H, Perum Bulog bersama tim Satgas Pangan lakukan Operasi Pasar, dan berkunjung ke beberapa kios pedagang beras untuk mengecek ketersediaan beras di lapangan.

" Untuk operasi pasar (OP) sudah satu minggu kami laksanakan, di dua pasar induk kota Palu Masomba dan Manonda. Selain itu, kami juga berkunjung ke beberapa kios pedagang beras, untuk menyampaikan agar mereka bisa menjual beras medium, agar tidak terjadi kelangkaan beras medium dipasaran, "Jelasnya.

Antisipasi yang ditempuh pihak bulog ini menurut Bahar, sesuai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nom. 57/2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras.

"Kami bergerak sesuai Permendag, agar tidak ada kelangkaan beras medium dipasaran. Jika pedagang tidak memiliki beras medium, bulog siap mengisinya dengan harga tebus yang diberikan ke padagang Rp. 8.100 per Kg.Dan untuk harga jual harus di bawah HET, untuk beras medium Rp9.450/kg. Sedangkan untuk beras premium HET per kg Rp. 12.800. "Ungkapnya.

Terkait kesiapan beras medium yang disiapkan bulog, Bahar menyatakan bahwa stok beras medium yang ada bisa bertahan lima bulan.

"Untuk kesiapan beras medium bulog, bisa sampai lima bulan kedepan. Jadi untuk puasa, lebaran masih aman. Sekarang sudah April kemungkinan hingga September, masih aman. "Paparnya.

Saat ini diperkirakan kesipan beras berkisar 10.000 ton yang diperuntukan di beberapa pasar di kota Palu.

"Berdasarkan hasil rapat, ada beberapa pasar yang akan kami suplai selain dua pasar induk.Diantaranya adalah pasar tradisional Talise, Tavanjuka, "terangnya. (R.Nur)

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet