Kemenristekdikti: Sertifikasi Pendidikan Indikator Guru Profesional

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Direktur Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Paristiyanti Nurwardani mengatakan, sertifikasi pendidikan merupakan indikator bahwa seseorang telah dinyatakan layak dan lolos uji kompetensi untuk menjadi guru profesional.

 

“Sedangkan sertifikat kompetensi keahlian merupakan indikator bahwa guru vokasi tersebut ahli dalam bidang vokasi. Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru di Indonesia,”ungkapnya, Kamis (19/9/2019).

Paristiyanti menjelaskan, untuk bisa bersaing di era revolusi industri 4.0, diperlukan inovasi agar calon guru profesional sudah terpapar teknologi informatika sejak dini, dan menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Program tersebut, lanjutnya, sesuai Permenristekdisdik Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru.

"Program PPG prajabatan ini diperuntukkan bagi lulusan yang memiliki latar belakang beragam, yakni lulusan S-1 kependidikan atau S-1 nonkependidikan atau D-4 (yang belum/tidak menjabat sebagai guru sekolah). “Kemenristekdikti terus berupaya menambah jumlah guru bidang vokasi atau SMK melalui program Peningkatan Profesi Guru (PPG),”jelasnya.

Ia menyatakan, program PPG diharapkan dapat melahirkan guru profesional sesuai perkembangan revolusi industri 4.0. Pasalnya, profesionalisme guru di Indonesia harus mampu menjawab tantangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdampak pada perubahan pola pembelajaran serta meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran.

"Sehingga, lulusan SMK mampu memiliki keahlian sesuai perkembangan industri," katanya.

Dikutip dari Pikiran Rakyat, SMK di Indonesia masih kekurangan sekitar 159.000 guru untuk mengajar di sekolah vokasi di berbagai wilayah. Sebagain besar guru vokasi atau SMK yang ada saat ini masih belum cukup profesional. Hal tersebut tercermin dari tingginya jumlah guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dan sertifikat kompetensi keahlian.***

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet