Kekurangan Guru Jadi Perhatian Khusus Kemendikbud

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Kondisi kekurangan guru SMK, mendapat perhatian khusus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Kebutuhan guru produktif akan ditutupi secara bertahap hingga 2024. Guru produktif adalah mereka yang ahli di luar mata pelajaran agama (guru normatif) dan bahasa atau pengetahuan umum (guru adaptif),” ungkap Mendikbud, Muhadjir Effendy, baru-baru ini.

Mendikbud menjelaskan, untuk menutupi kekurangan tersebut, Kemendikbud meminta Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), untuk memprioritaskan guru dengan keahlian khusus dalam merekrut pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Di antaranya, guru yang memiliki kompetensi bidang kemaritiman dan otomotif yang menjadi fokus revitalisasi SMK.

Merekrut guru dengan keahlian khusus atau produktif, tambahnya, bisa melibatkan pihak industri dan praktisi profesional di bidangnya masing-masing.

“Tapi, saya merekomendasikan sebaiknya PPPK diisi oleh praktisi yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Namun, mereka tidak akan mau diangkat jadi PNS. Misalnya, pelaut yang ingin istirahat melaut atau seniman yang sedang istirahat berkarya, mereka mau dikontrak satu atau dua tahun,” ungkap Muhadjir.

Untuk menjadi guru, lanjutnya, para praktisi tetap harus mengantongi sertifikat yang diterbitkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Mencari guru produktif cukup susah karena guru lulusan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sebagian besar masih kategori guru normatif dan adaptif,’ pungkasnya seraya berharap, Kemenristekdikti serius membenahi LPTK dengan mencetak guru yang sesuai kebutuhan.*** 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet