KBB Jadi Pilot Projeck Platform Berbasis Mobile (Mobisaria)

  • 49 views
  • 0 comments

BANDUNG BARAT, Ekpos. com --- Semakin besarnya perhatian pemerintah kepada desa, kini pedesaan menjadi area-area pertumbuhan ekonomi baru. Bahkan alokasi dana desa sebesar 832.3 triliun rupiah pada APBN 2019 menunjukkan bahwa pedesaan akan bergerak menjadi komunitas yang semakin menikmati modernisasi di masa mendatang.

Hal inilah yang mendorong BMT El Dana Manfaat,Kabupaten Bandung Barat memperkenalkan sekaligus melaunching Mobisaria sebuah aplikasi syariah untuk Baitul Maal wat Tamwil atau Balai-usaha Mandiri Terpadu ( BMT), di Pesantren Tahfidz Kampoeng Qur’an Cendekia, Perum Lembah Hijau Cihanjuang A13, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (24/10/2018).

Implementasi ini merupakan strategi awal dari Smartag Indonesia, pemilik teknologi Mobisaria untuk melakukan penetrasi di pedesaan di Indonesia. Mobisaria yang merupakan platform digital untuk komunitas masyarakat pedesaan dan pelaku usaha mikro.

Langkah trerserbut dilakukan, karena sebagian besar masyarakat Indonesia yang hidup dipedesaan serta remote area dan sekitar 80 persen selama ini tidak tersentuh oleh layanan perbankan. Sehingga, mereka  kesulitan dalam hal akses pasar dan layanan finansial modern.

Mobisaria adalah platform digital berbasis mobile yang akan menghubungkan komunitas pedesaan dengan akses finansial,pasar dan lingkungan bisnis modern. Selain itu, Mobisaria merupakan disrupsi dalam infrastruktur pedesaan dimana masyarakat desa dapat melakukan transaksi dengan cara yang mudah, cepat dan nyaman.

Mobisaria berasal dari kata “Mobile” dan “Syariah”. Mobile artinya platform ini merupakan platform mobile dan syariah, artinya platform ini mengikuti system syariah. Misi dari Mobisaria antara lain untuk menciptakan ekosistem  bisnis modern dipedesaan dan area sub urban. Sehingga mampu mendigitalisasi masyarakat desa dan membuat mereka dekat dengan teknologi baru. Dengan begitu akan  meningkatkan  kesejahteraan   masyarakat pedesaan, dan mendekatkan mereka dengan arus uang dan barang lewat teknologi informasi. Selain itu dapat membantu pemerintah untuk mendistribusikan dana, subsidi dan program lainnya.

Mobisaria menganut 3 prinsip  yakni: “Amanah” (Trust, Integrity, Credibitlity), “Ukhuwah” (Togetherness, Brotherhood)   dan “Maslahah” (For Kindness). Dengan 3 (tiga) prinsip ini Mobisaria berharap dapat memberikan teknologi yang berguna bagi masyarakat desa, dengan tetap menjaga prinsip utama dalam menjalankan agama.

Mobisaria rencananya akan menghubungkan berbagai BMT dan koperasi diberbagai lokasi di Indonesia. Dengan integrasi di satu platform digital, akan memudahkan bagi anggota BMT untuk berbagai keuntungan seperti transfer uang antar BMT, cross merchant dan menyatukan point reward. Tidak  hanya itu, Mobisaria dapat membantu memperluas jangkauan layanan BMT sehingga tidak terbatas kepada anggota semata.

Kedepannya, akan ada beberapa mobile platform yang akan dikembangkan. Seperti dompet elektronik (e-wallet), micro finance, e-commerce sampai solusi-solusi digital   untuk   para petani. Namun untuk implementasi awal ini, Mobisaria akan melaunching MobisPay sebagai infrastruktur awal. MobisPay adalah layanan e-wallet untuk anggota  BMT El Dana Manfaat. Dengan langkah implementasi  awal ini, Mobisaria akan terus bergerak untuk semakin memperbesar jaringan kerjasamanya.

Setelah BMT El Dana Manfaat, Mobisaria akan melakukan implementasi di satu titik lagi di Jawa Barat, satu  titik di Jawa Tengah dan satu titik di Jawa Timur.  Dengan implemenasi awal di empat titik ini, Mobisaria akan bergerak terus membangun jaringan ke seluruh Indonesia. Ada potensi 30 juta pengguna yang akan diraih oleh Mobisaria.

Smartag Indonesia adalah perusahaan digital yang merupakan bagian dari Smartag Internasional, sebuah perusahaan penyedia layanan digital di Amerika Serikat dan Malaysia. Sedangkan BMT El Dana Manfaat merupakan badan keuangan mikro syariah yang dibentuk dan diprakarsai oleh pengurus DKM Al Muiz Taman Cihanjuang. ***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet