Kasum: Rakorkum Salah Satu Agenda Penting dan Strategis

  • 142 views
  • 0 comments

PUSPEN RI---Rapat Koordinasi Hukum (Rakorkum) TNI tahun 2018 merupakan salah satu agenda kegiatan penting dan strategis, guna meningkatkan pembinaan satuan dan teknis yustisi bagi para penegak hukum di lingkungan TNI, baik secara individu maupun satuan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., pada pembukaan Rakorkum TNI tahun 2018, yang mengusung tema “Dilandasi Semangat Profesionalitas, Soliditas dan Sinergitas, Aparat Penegak Hukum TNI Siap Mendukung Tugas Pokok TNI Dalam Rangka Mewujudkan Penegakan Hukum Yang Berkeadilan”, di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (4/4/2018).

 

Dihadapan 193 peserta Rakorkum TNI,  Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan menyampaikan, Rakorkum TNI tahun 2018 ini, baru pertama kali dilakukan oleh Badan Pembinaan Hukum (Babinkum) TNI. Tujuanya untuk menyamakan visi, persepsi dan juga sebagai upaya evaluasi pelaksanaan tugas pokok oleh masing-masing badan pelaksana hukum di lingkungan TNI, sehingga dapat terlaksana secara optimal.

 

Lebih lanjut Kasum TNI mengatakan, kegiatan tersebut harus dapat di pertanggungjawabkan, dengan komitmen bersama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI ke depan.

 

“Kita juga harus merapatkan barisan untuk memperkuat soliditas, profesionalitas dan integritas, serta koordinasi yang baik dan harmonis antar sesama penegak hukum TNI di lapangan atau dengan penegak hukum lainnya di luar TNI,” ujarnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas pencapaian kinerja dan keberhasilan satuan-satuan penegak hukum di lingkungan TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta Kementerian lembaga terkait, selama kurun tahun 2017 telah menunjukkan kinerjanya yang meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Ini menjadi catatan dan prestasi sendiri bagi para aparat penegak hukum di lingkungan TNI. Diharapkan, ke depan jauh lebih baik dan meningkat dan mampu menjadi contoh di lingkungan hukum negara Indonesia. Sehingga, semua dapat berkiblat dengan apa yang sudah kita laksanakan, dari mulai tingkat penyidikan sampai putusan serta dapat mempertanggung jawabkan hasil yang telah diputuskan, agar menghasilkan sesuatu yang positif, tuturnya.

 

Diakhir pengarahannya, Kasum menyampaikan beberapa hal sebagai pedoman dalam pelaksanaan Rakorkum TNI tahun 2018, yaitu : Pertama, manfaatkan dengan baik Rakorkum ini sebagai sarana komunikasi dan sinkronisasi antar komunitas hukum. Kedua, laksanakan pembinaan satuan dan mengevaluasi sistem serta mekanisme hubungan kerja antar satuan penegak hukum, baik di tingkat penyidikan, penuntutan, peradilan maupun pada tingkat pembinaan warga binaan.

 

Sedangkan poin ketiga, tingkatkan kepedulian terhadap kebutuhan prajurit dan keluarganya dalam bidang hukum, sehingga dapat membantu memberikan solusi bagi komandan satuan maupun prajurit itu sendiri. Keempat, pertajam koordinasi dan  komunikasi antar satuan penegak hukum TNI dengan instansi penegak hukum lainnya, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal dalam pelaksanaan tugas. Ganefa

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet