Kajari Cirebon Tidak Akan Tolelir Praktik Pungli

  • 0 comments

CIREBON, Ekpos.Com--- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Cirebon, Tommy Kristantomengatakan, pada satu pasal dinyatakan dalam mengurus administrasi kependudukan tidak dikenakan biaya. Ini bukan hanya pembuatan e- KTP,  KK, dan Akte Kelahiran tidak dipungut biaya, ini Undang- undang yang bunyi begitu.

Untuk itu ia berjanji tidak akan menolerir praktik pungli di manapun dan dalam bentuk apapun. Pasalnya, hal tersebut sangat merusak sistem.

“Ketika ini dilanggar, kenapa? Kita tinggal cari penyebabnya, apakah ada faktor kesengajaan apakah ada pembiaran,” ujarnya di sela acara seusai mengikuti apel dan pelepasan pembagian sembako dalam rangka Hari Bhayangkara di halaman Mapolresta Cirebon, baru-baru ini.

Pihaknya akan melihat hasil penyidikan, apakah nanti dari hasil penyidikan. Nanti akan tergambar apakah memang ada aktor intelektualnya atau hanya ada orang di bawahnya saja.

“Prinsipnya kita sama sekali tidak menolerir adanya pungli, karena pungli sangat merusak sistem, itu saja kesimpulannya,” tegas Tommy.

Ke depan agar hal tersebut tidak terjadi lagi pihaknya memang sudah ada program secara rutin, yakni penerangan hukum.

“Kita rutin penerangan hukum, pelayanan hukum itu memang salah satunya untuk membuat masyarakat, Pemda dan seluruhnya menjadi tertib dan taat hukum. Paling tidak masyarakat harus mengetahui, bahwa ada aturan- aturan tertentu yang mengatur tentang hal-hal tertentu. Tolong itul yang harus dipatuhi, ” paparnya.

Jadi pihaknya rutin, selalu mengadakan penyuluhan dan untuk pengawasan sendiri sebenarnya sudah berlapis, dari beberapa level ada pengawasan.

“Kita butuh masukan, setiap ada pungli silakan dilaporkan. Itu adalah sebagai salah satu mekanisme kontrol. Mana tahu dari atasan tidak ada pengawasan, tidak terkontrol. Tapi karena ada masyarakat yang laporan, akhirnya ini terjawab. Maka ini akan menjadi salah satu trigger untuk perbaikan di masa yang akan datang,” kata Tommy.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet