Kades Cikoneng Ciamis Lakukan Studi Banding Ke Kabupaten Bandung

  • 0 comments

Ciamis, Ekpos.com

Rombongan Aparatur Desa Cikoneng, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis melakukan kunjungan studi banding ke Desa Cukang Genteng, Kecamatan  Pasir Jambu, Kabupaten Bandung. Minggu, 23/12/2018.

Acara  studi banding tersebut, dipimpin Kepala Desa (kuwu) Elin Herlina, Sekretaris Desa (Tedi), Kaur keuangan (Maman), Kesra Aceng Afif, Kepala Dusun Babakan (Kosim), Kepala Dusun Ciangini Cecep Sujana, Ketua BPD Aceng Kosri, para kader PKK dan elemen lainnya.

Rombongan Desa Cikoneng berjumlah 30 orang  disambuat antusias  oleh Kepala Desa Cukang Genteng Hilman Sukmana Yusup beserta jajaran nya, serta dari dinas pariwisata Kabupaten Bandung di Bale Desa. Dalam pertemuan kurang lebih 4 jam itu, terjadi dialog dan tanya jawab positif. Masing Masing kepala desa mengenalkan program unggulan, prestasi,  vis misi, potensi alam, potensi ekonomi, potensi budaya, sistem layanan dan lainnya.

Hasil dari studi banding,  Desa Cikoneng sangat tertarik dan menjadi input positif untuk di terapkan sesuai potensi alam Desa Cikoneng. Ada 4 hal yang menjadi masukan dari Desa Cukang Genteng yakni wisata agro, wisata kuliner (produksi olahan Ikan laut Pindang), Herbalnya,(mendapat penghargaan tingkat Nasional) dan Etos kerja masyarakat tinggi. Sementara Desa Cikoneng mengenalkan program unggulan yakni pengembangan wisata kuliner (olahan rumahan), Seblak, Makroni, Kerupuk, Wajit, Borondong dan olahan lainnya, Desa KB, pengembangan Usaha budidaya Perikanan, pengembangan pertanian, Posyandu Multy Fungsi Kenanga, Ciangini (Juara tingkat Kabupaten, dan mewakili tingkat provinsi untuk perlombaan tingkat nasional) PAUD ( juara tingkat Kabupaten Ciamis), pengembangan ekonomi kreatif, pengembangan pasar  dan rest area.

Dalam sambutannya Kades Cikoneng Elin Herlina mengatakan  studi Banding bertujuan untuk membangun silaturahmi dengan sesama desa sekaligus melakukan sharing dan mengenal serta mengetahui program program unggulan yang ada di Desa Cukang Genteng dan Desa Cikoneng. Sehingga hasil dari studi bading ini menjadi masukan positif untuk di terapkan dan dikembangkan  dalam mengekplorasi semua potensi di desa Cikoneng.” Kami berharap studi banding ini punya nilai positif untuk mengenal secara dekat bagaiman tata kelola potensi Desa Cukang Genteng sebagai salah satu Destinasi wisata di Jawa Barat berikut program unggulan yang sudah di capai,” Ungkap Elin.

Elin beserta jajaran aparatnya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh aparatur Desa Cukang Genteng yang telah menerima dengan tangan terbuka dan antusias menyambut dengan hangat  rombongan studi banding Desa Cikoneng. Ia berharap kunjungan dan kerjasama ini bisa menjadi titik awal yang baik dalam memajukan desa masing masing.

 Sementara Kepala Desa Cukang Genteng Hilman S Yusuf  sangat mengapresiasi kunjungan  Kepala Desa Cikoneng beserta jajarannya.” Kami merespon positif kedatangan dari Desa Cikoneng, semoga pertemuaan ini menjadi awal dan modal yang positif dalam berbagi informasi dan teknologi  tentang semua hal yang menyangkut program unggulan, mengenal potensi desa masing masing supaya kedepan lebih baik, berkembang dan maju.” Kata Hilman.

Hilman berharap terjadi kerjasa sinergis agar  bisa berbagi informasi tentang program program unggulan  mengenai ekonomi kreatif, wisata kuliner, wisata budaya, wisata agro dan lainnya.

 

Ketua BPD Desa Cikoneng Aceng Kosri berharap dengan  kunjungan studi banding ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi aparatur dan elemen mayarakat Desa Cikoneng untuk menggali dan membangun potensi agar lebih maju dan berkembang demi kesejahteraan masyarakat di desa Cikoneng, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.( Hars)

 

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet