Kabupaten Bandung Raih Adipura dan Penghargaan Green Leadership

  • 29 views
  • 0 comments

KAB. Bandung, Ekpos.Com---Pemkab Bandung menerima penghargaan Adipura periode 2017-2018 dan Penghargaan Green Leadership bertajuk Anugerah Nirwasita Tantra periode 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Selain Adipura, Penghargaan Green Leadership bertajuk Anugerah Nirwasita Tantra periode 2018 diberikan KLHK karena Bupati Bandung Dadang M Naser telah berhasil menunjukkan kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja, sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Pada acara tersebut tercatat sebanyak 146 penerima penghargaan kabupaten dan kota yang terdiri dari satu Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, lima Plakat Adipura, serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada sebelas kabupaten dan kota se Indonesia.

"Alhamdulillah, kami bersama pimpinan dewan mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Kami mengucapkan terimakasih kepada DLH (Dinas Lingkungan Hidup) dan perangkat daerah lainnya, serta seluruh masyarakat Kabupaten Bandung yang secara Sabilulungan menjaga lingkungan," kata Dadang dalam rilisnya yang diterima redaksi, Selasa (15/1/2018).

Menurut Dadang, raihan penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi pemerintahan yang dipimpinya, untuk menciptakan Kabupaten Bandung yang berwawasan lingkungan dan mampu meningkatkan prestasi yang telah diraihnya.

"Penghargaan ini harus bisa diimplementasikan pada kehidupan kita sehari-hari. Kabupaten Bandung memiliki beberapa program penghijauan, di antaranya Satapok (Sabilulungan Tanam Pohon Kesayangan). Selain itu ada juga Gerakan Bulan Menanam yang berlangsung dari Januari sampai Maret mendatang. Untuk saat ini, kita sedang fokus pada penanganan masalah banjir dan longsor," ujarnya.

Sementara terkait permasalahan sampah, sampai saat ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemkab Bandung.

 

"Kita sudah mendeklarasikan, 2020 Kabupaten Bandung bebas sampah. Oleh karena itu, manajemennya harus dipersiapkan termasuk menyediakan TPA (Tempat Pembuangan Sampah Akhir),"tegasnya.

Keberhasilan Pemkab Bandung memperoleh Adipura mendapat sambutan dan apresiasi dari DPRD Kabupaten Bandung yang telah mendukung setiap program yang dikeluarkan oleh Pemkab Bandung. Menurut Ketua DPRD Kabupaten Bandung Anang Susanto, penghargaan tersebut akan menjadi pemicu untuk bekerja lebih baik lagi.

 

“Kami akan bekerja lebihbaik lagi, mengingat, masih banyak permasalahan lingkungan yang belum terselesaikan. Kami juga akan mendukung program-program Pemkab Bandung yang berkaitan langsung dengan lingkungan," katanya.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet