Kabid PIAK: Miliki Izin Tinggal Tetap WNA Dapat Miliki KTP-el

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Disdukcapil Kota Bandung, Wuryani, mengatakan, Warga Negara Asing (WNA) dapat memperoleh Kartu Tanda Penduduk elektronok (KTP-el), asalkan mempunyai izin tinggal tetap.

“WNA dapat memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), hal itu telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang administrasi kependudukan.  Dengan catatan mempunyai izin tinggal tetap,”ujarnya, Selasa (12/3/2019).

Wuryani menjelaskan, keterangan ijin tinggal bagi WNA, diantaranya kartu izin tinggal terbatas (KITAS) yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi berlaku satu tahun. Sedangkan kartu izin tinggal tetap (KITAP) berlaku untuk lima tahun yang dikeluarkan oleh Disdukcapil.

"Jadi WNA wajib melaporkan keberadaannya ke kami, untuk diterbitkan surat keterangan tempat tinggal tetap. Setelah memiliki itu bisa memperoleh KK dan KTP," ujar Wuryani, 

Namun begitu diungkapkan Wuryani, hingga kini Disdukcapil Kota Bandung lebih memprioritaskan pembuatan KTP-el untuk WNI.

"Yang membedakan masa berlakunya tidak seumur hidup. Dan itu, enggak akan dicampur," katanya.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet