Iriawan Laporkan Pelaksanaan APBD Jabar 2017

  • 59 views
  • 0 comments
Iriawan  Laporkan Pelaksanaan APBD Jabar 2017

 Bandung Ekpos

Meskipun baru menjabat sekitar satu mingguan lebih penjabat Gubernur Jawa Barat Moh. Iriawan  menyampaikan laporan pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Jabar tahun 2017, dalam sidang paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat yang berlangsung di Jl. Diponegoro 27 Bandung   Selasa (3/7).

Dihadapan sidang anggota DPRD jabar   yang dipimpin Ketuanya  Ineu Purwadewi Sundari  dan para wakil ketuanya serta dihadiri pimpinan OPD di lingkungan Setda Jabar, dalam sidang yang baru pertama kalinya bagi pria yang sering dipanggil  Iwan Bule sebagai pejabat Gubernur   Jawa Barat ini. Iwan menyampaikan pemaparan  pendapatan yang  bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang realisasinya mencapai Rp18,08 Triliun lebih atau 105,61% dari anggaran yang ditetapkan sebesar Rp17,72 Triliun, yang  bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain PAD yang sah.

Iriawan juga menyampaikan sumber lain dari pendapatan daerah tahun 2017, yaitu dari dana perimbangan yang realisasinya mencapai Rp13,98 Triliun, yang berasal dari dana bagi hasil pajak, dana bagi hasil bukan pajak, dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK). Kemudian pendapatan daerah yang bersumber dari Lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp101,38 Milyar.

Sedangkan Pertanggungjawaban belanja daerah tahun 2017, Iwan menyebut, realisasinya mencapai Rp32,79 Triliun atau 95,07% dari alokasi anggaran sebesar Rp34,49 Triliun. 

Dihadapan sidang Iwan menyatakan, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Jabar merupakan salah satu kewajiban konstitusional selaku kepala daerah dan pertanggung jawaban pemerintah daerah kepada masyarakat melalui DPRD.

Atas laporan tersebut Iwan menyebutkan, Laporan keuangan ini telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keungan (BPK) RI,dan  telah disampaikan pada rapat paripurna istimewa tentang penyerahan LHP atas laporan keuangan pemerintah daerah tanggal 28 Mei 2018 lalu.@h

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet