Ikan Dewa Dan Potensi Keindahan Situ Sangiang

  • 5605 views
  • 0 comments

Ekpos Majalengka :  Kabupaten Majalengka memiliki obyek wisata andalan berupa Situ (danau) Sangiang yang terletak di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran, atau berjarak kurang lebih 27 KM dari pusat ibukota Kabupaten Majalengka menuju arah Kecamatan Talaga atau Cikijing.

Selain daya tarik situ, daya kawasan wisata yang memiliki luas total mencapai 26,4 hektar ini juga terdapat makam Sunan Parung yang sering diziarahi oleh para penziarah bukan hanya dari wilayah Majalengaka tetapi juga berasal dari luar daerah. Sunan Parung dipercaya sebagai salah satu raja dari Kerajaan Talaga Manggung.

Luas Keseluruhan objek wisata ini kurang lebih 105 Hektar sedangkan luas Situ (Telaga) Sangiang sendiri seluas 14 Hektar. Situ Sangiang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Sehingga pengelolaannya pun dilakukan oleh pihak Taman Nasional Gunung Ciremail (TNGC).

Ciri khas dari Situ yang nampak masih sangat asri ini adalah adanya sejenis ikan yang disebut ikan Dewa. Ikan tersebut, menurut kepercayaan masyarakat setempat merupakan penjelemaan dari prajurit Kerajaaan Talaga Manggung, sehingga tidak ada satupun pengunjung yang berani menangkapnya.

Uniknya, sambil bermain air di Situ, ikan-ikan yang ada di dalam Situ bisa diberi makan oleh pengunjung berupa roti pakan ikan yang dijajakan para penduduk sekitar. Di kalangan pengunjung dan masyarakat terdapat kepercayaan akan adanya ikan dewa yang sangat besar yang merupakan jelmaan Raja penguasa Situ Sangiang sedangkan ribuan ikan adalah para prajuritnya.

Menurut Kuncen Situ Sangiang, Kos Kosasi S.Pd, yang juga seorang tenaga guru, ada 6 kuncen yang menjaga Situ Sangiang serta memahami seluk beluk tentang Situ Sangiang. Mereka adalah E. Durahman, Memed Ahmad Sanusi, Yayat, Asep, Eming dan Enjang. Keberadaan para kuncen ini tugasnya mendampingi para pengunjung yang akan berziarah.

Diluar semua kepercayaan tersebut, Situ Sangiang memerlukan bantuan pemerintah untuk penataan yang lebih baik, demikian disampaikan oleh Kos Kosasih. (BEDA)

 

Komentar
  • BUNDA hilman
  • 29 Jan 2017 11:20:28

Apa kelebihan nya klu org sudah sering kunjung ke situ sanghiang,apa bisa murtad bila terlalu mempercayai nya berlebihan,Mf,bila komen nya agak menyimpang,sekedar pingin paham aja,,

Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet