Hari Kelahiran Pancasila Jadi Momentum Merajut Persatuan dan Kesatuan

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Ciom---Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai, Pancasila merupakan salah satu stimulus agar terciptanya kebersamaan di antara perbedaan yang ada di tengah masyarakat. Dasar dan ideologi negara Indonesia yang menyatukan segala perbedaan yang ada di Tanah Air.

“Karakter orang Bandung itu guyub. Mendengar kata guyub, itu mengingatkan saya kepada Bandung tempo dulu,” ujar wakil wali kota saat menghadiri acara Bandung Guyub dalam memperingati Hari Lahir Pancasila di Jalan Soekarno Bandung pada Sabtu (1/6/2019) petang.

Ia mengajak seluruh masyarakat Kota Bandung untuk mempertahankan karakter ini lestari. "Kehadiran budaya asing, tuntutan kehidupan masyarakat di kota besar, tentunya akan memudarkan karakter tersebut dan tugas kita untuk menjaganya agar jangan sampai pudar,” katanya.

Momen kelahiran Pancasila ini, Yana berharap, menjadi momentum untuk merajut kembali persatuan dan kesatuan Tanah Air.

“Apapun yang pernah dilewati oleh kita. Seperti perbedaan pandangan politik di Pemilu kemarin misalnya, ya sudah. Mari kita lupakan dan sama-sama lagi membangun Bandung agar menjadi kota yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis,” katanya.

Acara Bandung Guyub dihadiri oleh berbagai lapisan dari elemen organisasi masyarakat dan tokoh lintas agama. Hadir pula Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol. Irman Sugema dan Dandim 0618/BS Kol. Herry Subagyo.

Senada dengan wakil wali kota, Kapolrestabes Bandungm Irman Sugema pun mengajak seluruh masyarakat Kota Bandung agar bersama-sama menjaga kerukunan kehidupan antarmanusia dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan terciptanya kerukunan, maka Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis akan terwujud,” ujarnya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Kota Bandung untuk bersinergi dalam membangun Bandung.

Sedangkan Dandim 0618/BS, Kol. Inf. Herry Subagyo menyebutkan, rahasia kerukunan di masyarakat Indonesia adalah Pancasila.

“Pancasila sudah merangkum seluruh perbedaan yang ada. Jadi mari, kita bersatu untuk memajukan Kota Bandung, dan memajukan Indonesia,” ajaknya.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet