Hakim Vonis 20 Tahun Penjara Bagi Boss Minuman Oplosan Cicalengka

  • 35 views
  • 0 comments

BALEENDAH, Ekpos.Com---Bos minuman oplosan (Minol)di Cicalengka yang sempat menjadi viral dalam pemberitaan di berbagai media cetak maupun elektronik, Samsudin Simbolon, divonis hukuman 20 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung di Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (22/10/2018).

Putusan untuk Samsudin ini dibacakan oleh ketua majelis hakim, Titi Maria Romlah SH. Menurut majelis hakim, Samsudin terbukti bersalah telah meracik dan menjual miras hingga menyebabkan puluhan jiwa melayang di Cicalengka.

Hukuman bagi Boss minuman yang membuat 47 orang tewas ini, lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU), yang menuntut terdakwa hukuman penjara seumur hidup. Samsudin terus menundukan kepalanya, sambil mendengar putusan hakim.

"Terdakwa Samsudin Simbolon terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, meracik dan menjual barang yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia. Samsudin terbukti bersalah melanggar Pasal 204 KUHPidana ayat 2 (kumulatif). Atas kesalahan tersebut majelis hakim menjatuhkan hukuman kepada saudara (Sansudin Simbolon) dengan hukuman penjara selama 20 tahun," ujar majelis hakim.

Sebelum membacakan amar putusannya, hakim terlebih dahulu membacakan hal memberatkan dan meringankan terdakwa.

"Yang memberatkan, perbuatannya membuat orang lain meninggal dunia dan beberapa orang dirawat," katanya.

Ditemui seusai persidangan, Sansudin mengaku belum menerima apa yang menjadi putusan majelis hakim. Namun ia mengaku tidak mengerti soal hukum sehingga tak banyak berkomentar.

"Saya enggak bisa komentar, karena saya enggak ngerti hukum. Kami akan berpikir terlebih dahulu (meminta waktu)," ujar Samsudin.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet