Gubernur Jabar Siap Pasang Alat Pendeteksi Tsunami di Pantai Selatan

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Untuk menciptakan ketenangan dan keselamatan masyarakat pesisir pantai Selatan Jawa Barat, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan menempatkan sejumlah alat pendeteksi tsunami. Apalagi sejumlah alat pendeteksi tsunami atau gelombang tinggi di selatan Jabar sudah rusak, bahkan hilang.

Ridwan Kamil mengatakan, dirinya akan mempelajari lebih dulu berbagai hal mengenai alat tersebut, sampai cara mandapatkan perangkatnya. Namun begitu ia menegaskan, kalau Pemprov Jabar telah siap mengeluarkan anggaran untuk menyediakan peralatan pendeteksi tsunami tersebut.

"Saya akan cek juga persiapan tsunami early warning system termasuk datanya. Berapa harganya, saya akan investasi, yang penting masyarakat saya selamat," kata Emil, Selasa (8/1/2019).

Emil mengatakan, dalam waktu tiga bulan pihaknya sedang menyusun cetak biru ketangguhan bencana Jabar, yang  memuat cetak biru kesiapan warga untuk bermukim dan hidup sambil membaca potensi.

"Dengan begitu,  dari awal kita menjauh dari area-area yang dianggap rawan. Nanti dari tata ruangnya akan respon, untuk direvisi menyesuaikan dengan potensi kebencanaan. Insya Allah akan lebih baik," katanya.

Dikatakannya, sejauh ini sebagian besar bencana yang terjadi di Jabar adalah longsor dan banjir. Hal ini dipengaruhi oleh kontur atau kondisi geografis di Jabar yang berbukit di selatan Jabar dan rata di utara Jabar. Namun, dengan adanya cetak biru tata ruang mengenai kebencanaan, pembangunan pun dapat dikendalikan sehingga meminimalisasi risiko bencana.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet