Gubernur Jabar: Peran Pesantren Merupakan Laboratorium Perdamaian

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Peringatan Hari Santri tahun ini, pemerintah mengusung tema "Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia". Menteri Agama melalui Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan, hal tersebut tak lepas dari peran pesantren yang merupakan laboratorium perdamaian.

"Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam Rahmatan lil alamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama," tutur Gubernur yang membacakan sambutan Menteri Agama pada upacara peringatan Hari Santri Tahun 2019 di Lapangan Gasibu, Jln. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Selasa (22/10/2019).

Ia menyampaikan, sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural. Dengan cara inilah, keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud.

"Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia," paparnya.

Terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) sejak 2 Januari 2019 hingga 31 Desember 2020, lanjutnya, menjadikan Indonesia turut serta dalam menginisiasi dan mendorong proses perdamaian dunia agar semakin kuat dan nyata.

"Ini menjadi momentum bagi seluruh elemen bangsa, terutama kalangan santri Indonesia agar turut berperan aktif dan terdepan mengemban misi serta menyampaikan pesan-pesan perdamaian di dunia internasional," tuturnya.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet