Ganti Welit dan Karnaval, Rutin Dilakukan Warga Seputar Makam Buyut Trusmi Cirebon

  • 0 comments

CIREBON, Ekpos.Com--- Kegiatan karnaval Memayu Buyut Trusmi serta tradisi ganti welit di Komplek Makam Buyut Trusmi Cirebon, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan warga. Hal tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap terhadap leluhur mereka.

Usai melakukan karnaval, warga berbondong-bondong lakukan ganti welit atau biasa disebut ganti atap  komplek makam Buyut Trusmi Cirebon dengan mengunakan bahan dari daun alang-alang.

Menurut  pembantu juru kunci Makam Kramat Buyut Trusmi, Banata (74), kalau di Komplek Makam Buyut Trusmi melakukan tradisi ganti welit.

“Setiap tahun kita ganti welit dari Alang-alang. Untuk tahun ini sekitar sembilan bangunan dari bangunan wilayah Timur sampai Selatan, tahun depannya dari wilayah Utara dan Barat,” katanya di sela-sela kegiatan ganti welit, Senin (21/10/2019).

Banata juga menambahkan kalau tradisi tersebut sudah dilakukan setiap tahunnya seusai Karnaval Mamayu Buyut Trusmi.

“Minggu kita adakan karnaval dan Seninnya diadakan tradisi ganti welit. Kenapa hari Senin karena dari dahulu semua tradisi di Buyut Trusmi hari Senin. Selain tradisi ganti welit di Komplek Makam Buyut Trusmi juga ada tradisi ganti sirab yang dilakukan setiap empat tahun sekali,” tanbahnya.

Banata juga mengatakan,  untuk biaya tradisi Memayu Buyut Trusmi dan ganti welit tidak mengunakan dana dari pemerintah daerah.

“Untuk biaya sendiri alhamdullilah dari sumbangan warga sekitar Trusmi dan luar Trusmi. Untuk dari pemerintah, kami tidak menerima karena kalau biaya dari pemerintah daerah nantinya pekerjaannya dari sana semua.  Kami ingin yang mengerjakan dari keturunannya sendiri dan biasanya dibantu oleh warga sekitar makam dan luar kota ada dari Bandung, Jakarta, dan Jawa Tengah dan secara sukarela,” katanya.(Arief)

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet