Emil Pentingkan Pemekaran Kabupaten Kota Ketimbang Pembentukan Provinsi Baru

  • 0 comments

BANDUNG, Ekos.Com--- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan wacana pembentukan provinsi baru tidak semendesak pemekaran kabupaten di Jawa Barat. Menurutnya, pemekaran wilayah haruslah didasarkan terhadap peningkatan pelayanan publik.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Arya Bima mengatakan tengah mengkaji wacana pembentukan wilayah baru Parovinsi Bogor Raya yang meliputi Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sukabumi.

"Namanya aspirasi politik ya sah saja. Tidak semua solusi pembangunan itu harus membentuk unit dalam bentuk provinsi. Pandangan saya, justru yang paling urgen sekarang itu pemekaran kabupaten-kabupaten menjadi kota tingkat II, karena aksi utama dari pelayanan publik itu bukan di provinsi," kata Gubernur yang akrab disapa Emil, Senin (12/8/2019).

Emil pun mengingatkan kembali bahwa salah satu visi dan misi pemerintahannya adalah pemekaran wilayah kabupaten di Jawa Barat, untuk memperbanyak jumlah kabupaten dan kota serta memperpendek rantai pelayanan publik ke pusatnya.

"Kalau kabupaten terlalu luas seperti Cianjur, Bogor, Indramayu, Garut, dan Tasikmalaya, maka jangan heran ada cerita untuk ngurus KTP perjalanannya enam jam ke kantor pelayanan, pulang lagi enam jam," katanya.

Emil mengatakan pihaknya cenderung mengangkat wacana pemekaran daerah tingkat II atau kabupaten dan kota yang sekarang pun sedang dalam moratorium oleh pemerintahan pusat.

"Poin saya, wacana politik ini harus realistis dan logis. Tapi yang namanya cita-cita mah boleh saja. Kan itu kompromi politik. Saya ambil contoh, waktu Kota Tasikmalaya berpisah dengan Kabupaten Tasikmalaya, apa yang terjadi sampai hari ini kantor-kantor Kabupaten Tasikmalaya masih ada di Kota Tasikmalaya, Artinya bahwa teknis pemekaran wilayah di tingkat bawah ini tidak sesederhana yang dipikirkan,”paparnya.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet