Drs Asikin: Bintek dan Evaluasi di Kecamatan Kalibunder dan Cimanggu

  • 55 views
  • 0 comments

Sukabumi, Ekpos.com

Keluarga Berencana adalah upaya untuk mengatur kelahiran anak, jarak usia ideal, melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi, perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang mandiri dan  berkualitas.

Hal itu selaras dengan Visi dan misi Kabupaten Sukabumi yaitu "Terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang Religius dan mandiri”.

Berdasarkan hasil Rekapitulasi bidang Data dan Informasi( DATIN) DPPKB Kabupaten Sukabumi jumlah  penduduk di Kabupaten Sukabumi  sampai bulan Agustus 2017  adalah  2.503.941 jiwa terdiri dari Laki-laki 1.281.738 jiwa, Perempuan 1.222.803. Sedangkan Jumlah Pasangan Usia Subur(PUS)503.022.

Oleh sebab itu, apabila laju perkembangan penduduk di Kabupaten Sukabumi tidak dikendalikan maka akan menimbulkan masalah dengan Kependudukan diantaranya akan terjadi ledakan penduduk "Baby Boom", sehingga dampak dari ledakan penduduk tersebut akan berakibat Vatal bagi kondisi perekonomian, pendidikan,sosial,budaya dan keamanan dan Laju pertumbuhan penduduk harus terus dipantau dan di kendalikan.

Untuk menekan laju pertumbuhan Penduduk tersebut, dalam hal ini  DPPKB Kabupaten Sukabumi sebagai pelaksana  melalui Kasi Jaminan Pelayanan Drs. H. Asikin melaksanakan Bintek dan Evaluasi ke beberapa Kecamatan yang pencapaian PPMnya masih rendah, salah satunya bintek dan Evaluasi di kecamatan Cimanggu dan Kalibunder, beberapa waktu.

Kegiatan tersebut  diikuti oleh setiap Karyawan UPT DPPKB yang terdiri dari Ka.UTD, Kasubag TU, TPPD, TPD dan Operator.

Dalam kegiatannya tersebut, Kasi Jaminan Pelayanan Drs. Asikin langsung disambut dan di persilahkan oleh Ka.UPT DPPKB Kecamatan Cimanggu. "Selamat datang kami ucapkan kepada  Kasi Jaminan Pelayanan Drs.Asikin, untuk waktu dan tempatnya kami persilahkan," sambut Ka.UPTD Kecamatan Cimanggu.

"Ada 19 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang Pencapaian PPMnya masih rendah,dan hari ini saya melaksanakan Bintek dan Evaluasi di Kecamatan Kalibunder dan Cimanggu," kata Kasi jaminan Pelayanan  Drs. Asikin ketika di mintai keterangan seusai memberikan Evaluasi kepada Para Karyawan DPPKB Kecamatan Kalibunder dan Cimanggu.

Lebih lanjut Drs.Asikin memaparkan bahwa, kegiatan Bintek dan evaluasi tersebut guna memantau dan untuk lebih mengoptimalisasikan Kinerja Para UPTD Kasubag, TPD, TPPD dan Operator didalam melaksanakan Tugas sehari-hari, sehingga Pencapaian AB tahun 2017 sesuai dengan yang diharapkan pada Desember 2017 semua PPM dapat tercapai di seluruh Kabupaten Sukabumi, jelasnya.

Selain hal diatas, dirinya juga menekankan  kepada para petugas KB agar terus mengoptimalkan Mekanisme Operasional lini lapangan. "Saya menekankan agar setiap petugas KB terus melaksanakan mekanisme lini lapangan (MEKOP)seperti Rakor Kecamatan, Rakor Desa, Pembinaan Kader, Kunjungan Rumah, Hubungan dengan Bidan Desa dengan Tokoh,dan melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi pada setiap harinya dan otimalkan setiap kegiatan Penggarapan Khusus, sehingga Pencapaian PPM dapat segera tercapai," imbuhnya.

"Ada Mekanisme Operasional (Mekop) awali dengan staf meeting, lalu pertemuan sub pos KB dengan pos KB lalu ada  Rakor Desa serta Rakor Kecamatan dan terakhir ada lokmin," pungkas Kasi Jaminan Pelayanan  Drs Asikin. (Hasbi) 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet