Dishub dan BUMD Kota Bandung Sediakan Bus Mudik Gratis

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Untuk membantu masyarakat yang hendak mudik ke kampungnya masing-masing, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menyediakan layanan mudik mulai H-10 sampai H+7.

 

"Pelayanan yang kami siapkan pemeriksaan kesehatan sopir, dan penumpang termasuk pemeriksaan bus," ujar Kabid Manajemen Transportasi dan Parkir Dishub Kota Bandung Asep Kurnia di acara Bandung Menjawab yang digelar di Taman Sejarah, Kamis (23/5/2019).

Asep memprediksi, kenaikan penumpang pada mudik dan arus balik lebaran tahun 2019 ada kenaikan 5 persen di Terminal Cicaheum maupun Leuwipanjang, karena saat ini tiket pesawat cukup mahal dan tiket kereta sudah habis terjual.

Sementara untuk tiket mudik bus diungkapkan Asep ada kenaikan berdasarkan laporan dari semua PO Bus. Dicontohkannya untuk jurusan Bandung - Demak - Semarang dari tahun lalu Rp 160 ribu, kini menjadi Rp 190 ribu. Sedangkan harga tiket tanggal 27 - 28 naik sampai Rp 220 ribu.

“Antisipasi lonjakan penumpang, kami menyediakan 20 bus cadangan,” ujarnya.

Sementara Kabid Angkutan Dishub Kota Bandung Iya Sunarya mengatakan, selain memprediksi kenaikan penumpang mudik dan balik lebaran, Disbub pun menggelar rencana operasi menguji kelaikan kendaraan dan melakukan tes urine terhadap sopirnya.

"Para pengusaha bus agar memeriksa bus sebelum masuk terminal dan jangan ambil risiko, sampai diusir karena tidak laik jalan," tegas Iya.

Dikatakan Iya, pada arus mudik dan lebaran tahun ini armada yang siap mengangkut untuk di terminal Leuwipanjang disiapkan 641 unit dan di terminal Cicaheum ada sebanyak 203 unit.

"Pemkot juga menyediakan tiga bus dan BUMD 75 bus mudik gratis untuk pemberangkatan 31 Mei 2019 di Terminal Leuwipanjang, tujuan ke Pangandaran, Solo, Jateng, Lampung, dan lainnya. Pendaftar penumpangnya sudah overload sehingga tak ada pendaftaran baru," ujarnya.

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet