Disdik Jabar Siapakan Dana Rp 600 M Untuk Dana BPMU Tahun 2019

  • 88 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi menuturkan untuk tahun anggaran 2019 Dinas Pendidikan Jawa Barat akan menyiapkan anggaran lebih dari Rp 600 miliar untuk Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU). Dana tersebut akan digelontorkan untuk lebih dari satu juta siswa tingkat SMA, SMK swasta dan sederajat di Jawa Barat.

"Insya Allah untuk 2019 kita sudah siapkan besarannya Rp 500 ribu per anak per tahun,"terangnya, di Kantor Disdik Jabar, Kota Bandung, Kamis (22/11/2018).

Hadadi mengakui, bantuan untuk sekolah swasta pada tahun ini tidak sesuai dengan yang diharapkan. Akibatnya sempat mendapat protes dari ratusan kepala sekolah yang tergabung dalam Forum Kepala Sekolah Swasta (FKSS) Jabar agar BPMU tahap kedua di 2018 dicairkan. Karena keterbatasan anggaran dan menurunnya pendapatan asli daerah (PAD), tuntutan tersebut tidak bisa dipenuhi.

"BMPU itu kan hibah, jadi tergantung kemampuan pemberi hibah. Jadi jangan dianggap seperti utang. Kita di perubahan sebetulnya sudah nambah Rp30 miliar inginnya sih Rp 300 miliar tapi finansial PAD tidak bertambah," ucapnya.

Namun begitu, Hadadi mengklaim kalau pihaknya tetap berupaya memberi bantuan kepada sekolah swasta secara maksimal. Dana BPMU yang digelontorkan Pemprov Jabar merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam pengelolaan pendidikan termasuk di sekolah swasta.

"Persoalannya BPMU tergantung kemampuan keuangan daerah. Ini pun sebetulnya sudah luar biasa, Jabar sudah mempelopori memberi perhatian ke sekolah-sekolah swasta. Provinsi lain belum tentu ada. Ini bagian dari komitmen Pemprov agar pendidikan bisa melayani masyarakat sehingga tidak terlalu terbebani,"tuturnya.**

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet