Direskrimsus: Sekda Tasik Terbukti Lakukan Penyunatan Dana

  • 16 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Samudi mentakan, berdasarkan hasil pemeriksaan dan keterangan sejumlah saksi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Abdul Kodir telah melakukan penyunatan terhadap  21 yayasan penerima dana APBD Kabupaten Tasikmalaya tahun 2017. Para peneriman dana hibah tersebut hanya menerima sebesar 10 persen dari jumlah dana yang seharusnya diterima.

"Hasil penyelidikan dan fakta di lapangan hanya 21 yayasan yang menerima. Dari dana yang disiapkan, mereka hanya mendapatkan 10 persen. Artinya para pelaku menyunat dana hibah hingga 90 persen," tegasnya, Rabu (21/11/2018).

Dipaparkan Samudi, dana yang seharusnya diberikan utuh itu 'disunat' oleh Sekda Kabupaten Tasikmalaya Abdul Kodir, Kabag Kesra Setda Kabupaten Tasikmalaya Maman Jamaludin, Sekretaris DPKAD Ade Ruswandi, Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya Endin, PNS di bagian Kesra Kabupaten Tasikmalaya Alam Rahadian Muharam, Eka Ariansyah, dua warga sipil Lia Sri Mulyani dan Mulyana, serta seorang petani Setiawan. Masing-masing mendapatkan keuntungan dengan nominal beragam dari Rp 70 juta hingga Rp 1,4 miliar.

"Penyunatan tersebut dilakukan oleh Sekda dan sejumlah staff nya dengan jumlah beragam. Namun Sekda paling banyak Rp 1,4 miliar,"ujarnya.

Berdasarkan hasil penghitungan dari Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya nomor : 700/1129/Inspektorat tanggal 28 September 2018 dengan hasil negara mengalami kerugian mencapai Rp 3,9 miliar.

Dikatakannya, kasus tersebut sudah P21, dan pihaknya telah melimpahkan tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Tinggi Jabar.

“Kasus tersebut sudah P21 dan para tersangkanya sudah kami limpahkan ke Kejati Jabar,”katanya.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet