Direktur Pembinaan SMK Kementerian Dikbud Dukung TOL SMKNet

  • 1346 views
  • 1 comments

 Jakarta, Ekpos.com

Dalam dunia pendidikan pertukaran informasi merupakan suatu hal yang utama, baik sebagai sumber pembelajaran maupun sebagai materi pembelajaran. Begitu pula sebaliknya, dengan pendidikanlah informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disebarluaskan kepada generasi penerus suatu bangsa.

Konsep mencari dan mendapatkan serta menyampaikan informasi yang masih konvensional dapat mengalami beberapa kendala. Antara lain : Kecepatan, Keterbatasan sumber informasi, Keamanan informasi dan sebagainya. Menyikapi hal tersebut diatas, maka kini sudah waktunya komunitas pendidikan melakukan terobosan pentingnya lalu-lintas informasi bagi pengembangan seluruh sumber daya pendidikan yang meliputi manusia, sarana, prasarana, dan kurikulumnya.

Agar lalu-lintas informasi dapat efekti-efisien dan tepat guna, maka kita perlu membangun sendiri jalan dan terminalnya berupa TOL-SMKNet. PROGRAM TOL-SMKNet adalah Program Optimalisasi Bonus Demografi Terdidik untuk membangun, merawat/memelihara jaringan interkoneksi yang terintegrasi antar SMKNet. SMKNet sendiri adalah SMK yang memiliki jaringan interkoneksi terintegrasi dengan stakeholders yang dibangun oleh komunitas pendidik dengan tujuan untuk :

a) Mempermudah koordinasi antar sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan keterserapan tamatan,

b) Sekolah bisa langsung menerima informasi dari pemerintah pusat, provinsi serta dinas dan instansi lainnya, dalam jaringan khusus.

 

Dalam membuat jaringan interkoneksi yang terintegrasi (TOL-SMKNet) yang perlu diperhatikan pada identifikasi kebutuhan, adalah :

a. Jenis layanan yang akan diberikan jaringan

b. Skalabilitas, yaitu seberapa besar jaringan yang akan dibuat?

c. Expandable, apakah jaringan dapat di-expand? open-ended?

d. Kondisi ruangan dan gedung

e. Medium transmisi yang akan digunakan, apakah menggunakan

kabel atau nirkabel (wireless)?

f. Berapa bandwith yang diberikan atau akan digunakan?

g. Topologi yang digunakan? Protokol yang akan dipakai?

h. Ketersediaan perangkat keras, pemilihan server atau perangkat

lain seperti hub, switch, dan router.

i. Perangkat lunak jaringan sebagai platform

j. Managebility dan monitoring sistem

k. Keamanan/Security

l. Alokasi biaya pengadaan peralatan

m. Sumberdaya Manusia sebagai pengelola

 

Mengapa TOL-SMKNet Memilih Jaringan wireless?

Sejalan dengan berkembangnya teknologi maka semakin dibutuhkan suatu jaringan yang efisien khususnya dalam hal waktu, jarak dan tempat dengan mobilitas yang tinggi. Sehingga dimanapun pengguna jaringan berada, tidak lagi terhambat oleh masalah tidak adanya jaringan intranet ditempat itu. Dan jaringan yang paling cocok menjawab permasalahan ini adalah Wireless Networking.

Jaringan Wireless atau yang dikenal juga sebagai jaringan Nirkabel adalah teknologi yang terdiri atas dua atau lebih komputer untuk dapat berkomunikasi dengan protokol jaringan yang standar digunakan, namun media penghantarnya adalah udara (tanpa kabel).

Teknologi jaringan yang menggunakan media udara sebagai medianya disebut dengan Wireless Networking. Model jaringan Wireless Networking, kini banyak diterapkan sebagai Wireless Local Area Network (WLAN). Teknologi ini semakin berkembang dengan pesat setelah dimunculkannya standar dari organisasi internasional International Electrics & Engineering (IEEE 802.11). Standar ini berupa solusi tentang penggunaan Wireless LAN yang telah berkembang popularitasnya baik disisi bisnis maupun pendidikan.

Selain mobilitasnya yang tinggi, teknologi dengan WLAN juga merupakan teknologi dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan teknologi kabel, mudah dalam pengembangan, tentunya mudah juga dalam perbaikan. Dengan demikian Wireless LAN telah menjawab pertanyaan dan keterbatasan jaringan dengan kawat tembaga. Contohnya, untuk menjangkau tempat-tempat yang tidak dapat dikembangkan jaringan kabel.

RAKERNAS I TOL-SMKNet

Terkait dengan pengembangan program tersebut diatas, maka pada bulan Januari 2016 ini akan digelar RAKERNAS TOL-SMKNet di Hotel Salak, Bogor. Yang akan dihadiri oleh 60 SMK Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Perwakilan Kab/Kota, pada Minggu ke 3 Januari, selama  5 hari 4 malam.

SMKNet adalah SMK yang memiliki jaringan interkoneksi terintegrasi dengan stakeholdersnya. Diawali dengan jaringan interkoneksi terintegrasi di sekolah, dengan server sekolah. Dilanjut terintegrasi dengan siswa dan guru dirumah baru terintegrasi ke Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kota maupun Kabupaten.

Persyaratan Peserta RAKERNAS TOL-SMKNet: SMK yang Komitmen membangun server dan jaringan sekolah, kemudian meng-integrasikan jaringannya ke : Rumah guru, Rumah siswa, SMK lain disekitarnya dan siap menjadi Networking Operations Center (NOC). Definisi NOC adalah membangun jaringan komputer baik di sekolah atau di Kota/Desa, dengan Teknologi Tepat Guna.

Anak-anak SMK (Siswa/Alumni) harus mampu mencari solusi untuk menyambung tempat-tempat yang dekat atau jauh dengan berbagai teknologi, supaya tempatnya dapat mengakses: Server sekolah, server Pemda/Pemkot.

Sedangkan jenis NOC yaitu: NOC lokal untuk internal sekolah, NOC eksternal, untuk integrasi antar SMK.

SMKNet per Kabupaten/Kota membentuk NOC yang sekaligus sebagai wadah/tempat Diklat Sinkronisasi dan Harmonisasi Siswa/Alumni SMK menjadi tenaga yang terampil dalam mengelola NOC dan jaringan komputer ke seluruh tempat di satu Kota/Desa sesuai dengan Rencana Pita Lebar Indonesia yang dicanangkan Badan Prencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tahun 2014.

Menjaga untuk Komitment dalam kesinambungan Program, SMK idealnya menjadi: Royal (membuat NOC) dan Loyal (kalau NOC nya sudah jadi) terhadap Kesepakatan yang telah ditandatangani.

Setiap SMKNet per Kab/Kota didampingi Internet Service Provider (ISP) lokal. (Boleh dari SMK atau Networking Dudi Panitia). Mereka diundang hadir saat Raker TOL-SMKNet mendampingi SMKNet nya. Keuntungan yang ditawarkan dari mengikuti RAKERNAS TOL-SMKNet: MoU antara Dudi dengan 60 SMK yang menjadi SMKNet, Prakerin di NOC TOL-SMKNet, Ujikom berbasis Vendor/DUDI,

4. Asesor berbasis Vendor/Dudi, Tempat Uji Kompetensi (TUK) Basis Vendor/DUDI dan Projek Bersama, Keterserapan Tamatan.

Bagi SMK yang sudah tergabung dalam Program TOL-SMKNet maupun SMK yang belum tergabung, yang berminat untuk menjadi peserta Rakernas TOL-SMKNet bisa langsung menghubngi email : r.dwinarputra@gmail.com (D. MAHENDRA)

Komentar
  • Heru pramono
  • 02 Feb 2016 05:26:17

Kapan nih rakernas tol smk net,
Di tunggu kabar dan undanganya

Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet