Dewan Minta Disdik Perbaiki SOP USBN

  • 16 views
  • 0 comments
Dewan Minta Disdik  Perbaiki SOP USBN

 Bandung Ekpos.com

Dugaan Kebocoran Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang terjadi di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat diduga berasal dari kesalahan standar operasional prosedur (SOP) tatalaksana usbn, prosedur pembuatan soal usbn yang seharusnya dilaksanakan oleh satuan pelaksana atau sekolah ternyata diambil oleh dinas Pendidikan provinsi Jawa Barat sehingga berakibat proses ditribusi soal yang panjang.

Hal ini terungkap dalam Rapat Kerja Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat dengan Tim Investigasi Kebocoran Dinas pendidikan Provinsi Jawa Barat di Ruang Rapat Komisi V DPRD Jl. Diponegoro 27 Bandung. Senin (16/4).

Kepala Tim Investigasi Husen R Hasan antara lain  melaporkan alur penyusunan dan distribusi soal dinilai terlau panjang,  dimulai dari Bidang Pendidikan Menengah Umum (PMU) Disidik Jabar  kemudian didistribusikan kepada 13 Kepala Cabang Dinas dalam bentuk Flashdisk  kemudian diserahkan ke MKKS (Musyawarah kerja Kepala Sekolah), dari MKKS diserahkan ke  K3S di Kota Bandung ada  5 dari K3S diserahkan dalam bentuk Flashdisk dan CD kepada Kepala sekolah, untuk kemudian digandakan oleh satuan pendidikan atau sekolah.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Komisi V DPRD Jawa Barat. H. Yomanius Untung menyatakan, “Kita berharap ini menjadi pelajaran yang berharga bagi kita semua, kita berharap sop diperbaiki. Kita harus tangani ini sungguh-sungguh karena yang jadi korban adalah anak-anak kita.”ujarnya.

Untung juga menengarai dengan USBN ini ada lembaga lain yang mengambil keuntungan dari usbn ini, karena itu juga Untung mengharapkan Disidik Jabar untuk mengajak lembaga Bimbingan belajar untuk diajak bekerja sama dan menjaga marwah pendidikan.

Untuk hal ini juga politisi partai Golkar ini mengharapkan Disidik untuk melakukan upgrade kemampuan para guru dalam hal terkait.

Laporan Tim investigasiDisdik juga  Hasan juga menyebutkan kebocoran usbn telah terjadi di SMA Yahya Bandung untuk pelajaran Geografi hal ini diungkap dari fakta dan data serta laporan pengawas Sekolah, kepala Sekolah dan siswa peserta USBN. @hermantz

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet