Dedi: Disdik Jabar Akan Optimalkan Peran Cadisdik

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat menegaskan, Disdik Jabar berkomitmen mengoptimalkan peran Cadisdik sebagai perpanjangan tangan Disdik Jabar di level daerah. Salah satunya, mengupayakan desentralisasi anggaran.

"Anggaran pada Cadisdik nantinya akan langsung digelontorkan ke cabang dinas langsung," ungkapnya Dedi saat memberikan sambutan dalam pertemuanya dengan 44 peserta yang terdiri dari perwakilan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan perwakilan pengawas di Cadisdikwil IV mengikuti rapat koordinasi di Hotel Mercure Karawang, Jalan Galuh Mas Raya, Teluk Jambe, Karawang, kemarin.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri Sekdisdik Jabar, Wahyu Mijaya, Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Jabar, Asep Suhanggan serta Kepala Cadisdikwil IV, Ai Hasan. 

Kadisdik menjelaskan, tujuan pertemuan ini untuk menggali masalah sekaligus menampung aspirasi dari seluruh elemen pelayanan pendidikan di Cadisdikwil IV. Melalui pertemuan tersebut, Kadisdik memetakan, tak kurang ada tujuh aspirasi yang muncul.

Antara lain terkait promosi, rotasi, dan mutasi kepala sekolah dan kasubag TU sekolah, pembiayaan pendidikan yang berkaitan dengan tunjangan honorer dan Biaya Operasional Pendidikan Daerah (BOPD) serta pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi. 

"Hasil dari pertemuan ini akan kita jadikan bahan dan kita coba menyelesaikan masalahnya langsung ke titik lokasi," tutur Kadisdik.

Ia menerangkan, desentralisasi ini penting sebab Cadisdik lebih tahu kondisi dan kebutuhan satuan pendidikan di tiap-tiap daerah. Hal itu pun diharapkan mampu memaksimalkan peran pengawasan Cadisdik untuk satuan pendidikan. "Kita berharap rentang kebijakan semakin dekat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cadisdikwil IV, Ai Hasan mengatakan, pertemuan ini bertujuan memberikan informasi aktual dan faktual kepada Kadisdik mengenai dinamika serta permasalahan yang ada di wilayahnya. Dengan memberi forum diskusi antara Kadisdik dengan kepala sekolah dan pengawas di wilayahnya, diharapkan kebijakan yang diambil oleh Disdik Jabar akan lebih tepat sasaran. "Kalau bisa dipetakan dengan baik, masalah yang krusial dapat ditangkap serta kebijakan yang akan diambil oleh Disdik Provinsi pun pasti akan lebih baik dan akurat," katanya. 

Setelah rapat koordinasi tersebut, akan ada juga rapat koordinasi yang dilakukan oleh Disdik Jabar dengan seluruh Cadisdikwil. "Sehingga, yang kita dapatkan dari rapat koordinasi sekarang ini bisa diselaraskan dengan kantor cabang dinas lainnya agar nyambung," pungkasnya.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet