BPOM RI: SKM Sebaiknya Digunakan Untuk Toping Makanan Atau Minuman

  • 21 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Sehubungan merebaknya informasi tentang “Susu Kental Manis” (SKM), BPOM RI mengimbau, agar susu kental manis sebaiknya hanya digunakan untuk toping dan pencampur makanan atau minuman seperti roti, kopi, teh, coklat, dan lain-lain.

 

Selain itu, BPOM RI juga melarang label dan iklan SKM menampilkan anak usia dibawah 5 tahun dan tidak diiklankan pada jam tayang acara anak-anak.

“Karakteristik jenis susu kental manis adalah kadar lemak susu tidak kurang dari 8% dan kadar protein tidak kurang dari 6.5% (untuk plain). Susu kental dan analog lainnya memiliki kadar lemak susu dan protein yang berbeda. Namun, seluruh produk susu kental dan analognya tidak dapat menggantikan produk susu lain dari jenis lain sebagai penambah atau pelengkap,” ungkap Ketua BPOM RI, Kepala BPOM RI Penny K Lukito dalam press rilisnya yang diterima Ekpos.Com, Selasa (10/7/2018).

BPOM RI telah melakukan melakukan Focus Group Discussion (FGD) mengenai Reviu Pengaturan SKM dan mengeluarkan Surat Edaran No. HK.06.5.51.511.05.18.200 tahun 2018 tentang Label dan Iklan pada produk Susu Kental dan Analognya (subkategori pangan 01.3) yang ditujukan kepada seluruh produsen/importir/distributor SKM menegaskan label dan iklan SKM tidak boleh menampilkan anak usia dibawah 5 tahun dan tidak diiklankan pada jam tayang acara anak-anak.

“Berdasarkan hasil pengawasan BPOM RI terhadap RI terdapat iklan SKM di tahun 2017 terdapat 3 iklan yang tidak memenuhi ketentuan karena mencantumkan pernyataan produk berpengaruh pada kekuatan/energi, kesehatan dan klaim yang tidak sesuai dengan label yang disetujui dan iklan tersebut sudah ditarik dan tidak ditemukan di peradaran,” jelasnya.

Penny K juga menghimbau, masyarakat untuk bijak menggunakan dan dan mengkonsumsi susu kental dan sejenisnya sesuai peruntukannya dengan memperhatikan asupan gizi, khususnya gula, garam, dan lemak agar seimbang. (Nadita)

 

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet