BNNP Jabar Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kilogram Ganja

  • 30 views
  • 0 comments
BNNP Jabar Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kilogram Ganja

BANDUNG. Ekpos.com

Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat berhasil menggagalkan penyelundupan 181 kilogram ganja di wilayah Cianjur.

Dari pengungkapan ini, BNNP Jabar mengamankan lima orang tersangka, berinisial DR, IR, IF, HI, dan DS.

Kepala BNNP Jabar Brigadir Jenderal (Pol) Sufyan Syarif mengatakan, awalnya anggota mengamankan dua orang, yaitu DR dan IR, di kawasan Cianjur.

Sebelumnya, pihaknya telah mengikuti pergerakan kedua pelaku dari Lampung.

"Kita buntuti dari Lampung, Jakarta, dan lakukan eksekusi (penangkapan) di Cianjur, karena pemesannya berada disini," ujar Sufyan, dalam ekspose di Kantor BNNP Jabar, Selasa (4/12). 

Ia mengungkapkan, saat ditangkap pelaku berada didalam mobil Mitsubishi L300 warna hitam.

Anggota, ujar dia, melakukan penggeledahan dan menemukan satu karung plastik yang didalamnya terdapat enam paket narkotika jenis ganja berbentuk kubus dilapisi lakban berwarna cokelat yang masing-masing memiliki berat 1 kilogram.

Pada saat dilakukan interogasi terhadap DR, yang bersangkutan mengaku telah melakukan transaksi kepada tiga orang lainnya sebanyak 4 empat karung plastik, yang didalamnya terdapat 100 paket ganja, di sekitar Terminal Rawa Bango Cianjur.

"Kemudian, anggota melakukan pengejaran terhadap ketiga orang tersebut," ucap Sufyan.

Ketiga orang tersebut ialah IF, HI, dan DS, yang saat itu sudah berada di Villa Udin, di Cipanas Kampung Karang Nunggal, Kabupaten Cianjur. Saat dilakukan penggeledahan, ditemukan empat karung plastik berisi ganja yang sebelumnya ditransaksikan dengan DR.

Tim BNNP Jabar kemudian melakukan pengembangan ke kontrakan DR yang beralamat di Kampung Majalaya, Kecamatan Cikalong Kulon Kabupaten Cianjur. Di tempat itu, petugas menemukan dua karung plastik yang didalamnya berisi 75 paket ganja.

Total barang bukti yang diamankan sebanyak 181 kg. Sebanyak 81 kg diamankan dari tersangka DR dan IR, sementara sisanya diamankan dari IF, HI, dan DS.

"Rencananya barang ini akan diedarkan di wilayah Bandung dan sekitarnya untuk digunakan di akhir tahun," beber Sufyan. 

Menurut Sufyan, hasil pengungkapan ini, dapat menyelamatkan 36.200 anak bangsa.

BNNP Jawa Barat berkomitmen untuk menurunkan tingkat suplai dengan cara memberantas narkotika di tingkat bandar, dan memiskinannya melalui penyitaan aset hasil kejahatan narkotika.

"Ancaman minimal lima tahun, bisa juga dengan jumlah besar akan bertambah hukuman. Kami akan memberikan masukan kepada hakim untuk menjatuhkan hukuman yang lebih berat," tandasnya. [lanie]

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet