Biotek Mikkroba ITB Berhasil Ciptakan Kecap Berbahan Dasar Ikan

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Kelompok Keilmuan Bioteknologi Mikroba Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB, berhasil membuat kecap yang berbeda dengan produksi kecap yang selama ini rata-rata berbahan dasar kedelai. Mereka berhasil memproduksi kecap berbahan dasar ikan.

Perwakilan tim kelompok penelitian, I Nyoman Arianta menceritakan, ide awal timnya bahwa kecap merupakan bumbu konsep tradisional yang telah hadir sejak lama di nusantara. Hal itulah yang mendasari dia dan tim secara saintifik atau pendekatan keilmuan, untuk mengolah ikan yang difermentasi menjadi kecap yang ramah lingkungan.

"Kami awal memulai pembuatan kecap ikan ini sudah lama sekitar tahun 1990-an. Kecap ikan ini dapat menjadi solusi terhadap limbah-limbah ikan. Sehingga di tempat pelelangan ikan, banyak ikan yang tidak utuh bisa diolah menjadi kecap," ujar I Nyoman Arianta, kepada Tribun Jabar, saat pameran di Kampus ITB, Jalan Ganesa, Kota Bandung, Jumat (18/1/2019).

Nyoman menuturkan, hasil penelitian timnya tersebut belum diproduksi secara massal. Cara pembuatan kecap berbahan dasar ikan, tergolong mudah dan dapat dilakukan setiap orang. Pihaknya baru sebatas memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat, mengenai cara pembuatan kecap tersebut.

"Kami mengundang masyarakat memberikan penyuluhan dan pelatihan cara membuat kecap ikan ini. Semisal belum lama ini di Bali, Tasikmalaya, dan Bandung," ujarnya.

Nyoman mengatakan,selain citra rasa yang baik, kecap ikan juga tahan lama untuk digunakan. Kecap ikan, kata dia, juga diharapkan menjadi produk yang menumbuhkan kegiatan industri kecil.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet