BIJB Kertajati Siap Layani Oenerbangan Umroh dan Haji Asal Jabar

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, siap selenggarakan penerbangan umrah pada September 2019. Selain itu, bandara yang berada di Kabupaten Majalengka ini pun siap menyelenggarakan penerbangan haji untuk calon haji asal Jabar.

Direktur PT BIJB, Muhamad Singgih, mengatakan, sebelumnya penerbangan umrah dari Kertajati harus transit dulu di India, namun terhitung September nanti penerbangan dapat langsung ke Madinah di Arab Saudi.

Penyediaan rute direct flight ini, berkaitan dengan panjang runway atau landasan pacu di Bandara Kertajati. Sebelumnya hanya 2.500 meter, kini sudah diperpanjang jadi 3.000 meter. Sertifikasinya akan terbit Juni 2019, dan ditargetkan bisa melakukan penerbangan langsung ke Madinah September 2019.

“Sertifikasi saat ini masih diproses di Kementerian Perhubungan, dan secara umum tidak ada masalah. Bahkan, pihak kementerian menyatakan prosesnya berlangsung lancar,” harapnya.

Tidak hanya rute ke Tanah Suci, katanya, penambahan panjang runway ini membuat Bandara Kertajati bisa membuka layanan penerbangan internasional lainnya, dan juga penerbangan menggunakan pesawat berbadan besar.

"Per 20 Juni 2019, akan selesai sertifikasi runway yang diperpanjang dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter. Sehingga bisa penerbangan direct dari Kertajati ke Madinah. Insyaallah, September nanti bisa direct penerbangan umrah dari sini," kata Singgih pada acara Pembinaan dan Pengawasan Travel Umroh dalam Rangka Penerbangan Umroh dari Bandara Kertajati, di Bandung, Kamis (9/5/2019) petang.

Singgih mengatakan MoU dengan Bandara Madinah telah ditandatangani. Sehingga para penumpang dari Bandara Kertajati, akan mendapat fasilitas khusus di Bandara Madinah.  Bahkan, pihaknya telah menyiapkan lounge umrah dan haji, di lantai tiga Bandara Kertajati dan lounge lainnya yang dikelola pihak ketiga di lantai dua. Masing-masing lounge memiliki kapasitas 300 orang.

"Di lantai tiga bandara, itu letaknya sebelah kiri pintu gerbang. Di lantai tiga itu yang utama. Lounge umrah ini bisa menampung 300 pax dan di sana dilengkapi oleh sembilan musala," kata Singgih.

Menurut Singgih, dalam acara tersebut ada 60 biro travel umrah dari berbagai daerah termasuk Jawa Tengah siap menyukseskan pelaksanaan layanan umroh dari Bandara Kertajati.

"Jadi kalau pun mengejar waktu satu kali penerbangan umrah dari Bandara Kertajati per hari, kami kira itu bisa-bisa saja," katanya.

Ketua Forum Komunikasi dan Silaturahmi Pengelola Travel Haji dan Umrah (FKS Patuh) Wawan Ridwan menambahkan pihaknya siap mendukung rencana penerbangan umroh dari Bandara Kertajati.

"Kami dari FKS Patuh siap mengaktifkan umrah dari Bandara Kertajati. Tapi harus ada tindak lanjutnya terkait rekomendasi dari kami, seperti harga tiket yang kompetitif dan tidak ada beban transit," kata Wawan. ***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet