Baznas Kota Bandung Distribusikan Zakat Profesi Kepada 11.328 Mustahik

  • 64 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekposa.Com---Baznas Kota Bandung mendistribusikan zakat profesi kepada 11.328 mustahik (penerima) di Masjid Agung, Al Ukhuwah Kota Bandung, Rabu (6/6/2018). Baznas mengalokasikan dana Rp4 miliar pada pendistribusian kali ini. Setiap orang mendapatkan Rp300.000. Jumlah tersebut meningkat dari tahun lalu yang sebesar Rp250.000.

"Kita ingin berbagi. Mereka kan tidak diatur di dalam ketentuan dari pemerintah (tentang THR)," Penjabat Sekrertaris Daerah Kota Bandung, Dadang Supriatna usai menyerahkan zakat secara simbolis.

Para penerima itu adalah Pegawai Harian Lepas (PHL), non-Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Bandung. Pembagian kepada para PHL tersebut, sebagai apresiasi atas kinerjanya membantu Pemkot Bandung. Berbagai pencapaian, seperti Adipura, adalah berkat kerja keras tim Gober menjaga lingkungan tetap bersih dan asri.

"Non-PNS itu macam-macam, ada Linmas (Perlindungan Masyarakat), pasukan Gober (Gorong-gorong Bersih), dan pasukan kebersihan. Tapi intinya yang menerima ini adalah yang bukan PNS. Karena PNS sudah mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) dan sudah ada ketentuannya," ungkapnya.

Dadang menuturkan, pembagian zakat ini rutin dilakukan oleh Pemkot Bandung. Dana zakat salah satunya diperoleh dari pengumpulan zakat profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bandung.

"Dana itu dikelola oleh Baznas. Salah satu sumber penerimaan Baznas itu zakat profesi dari PNS. Tentu ada juga sumber pemasukan lain," tutur Dadang.

Di sisi lain, Dadang bersyukur bahwa zakat profesi yang dikumpulkan ASN Kota Bandung, bisa bermanfaat bagi para PHL. Ia juga merasa tenang karena kebijakan mengumpulkan zakat profesi itu mendapat sambutan positif dari seluruh ASN.

"Di daerah lain, kewajiban membayar zakat profesi ini sempat menjadi polemik. Di Kota Bandung alhamdulillah kondusif. Pembayaran zakat melalui Baznas ini juga sudah dilakukan beberapa tahun ke belakang," terang Dadang.

Sementara itu, Auditor Internal Baznas Kota Bandung Cece Hidayat mengungkapkan, dana zakat profesi dari ASN Kota Bandung mencapai Rp2.2 miliar tiap bulannya. Dana tersebut tidak hanya dibagikan kepada para mustahik, namun digunakan juga untuk kemaslahatan umat lainnya.

"Tiap bulan kita kasih bantuan modal usaha kepada fakir miskin, 1.000 orang tiap bulan. 1 juta seorang," ungkap Cece.

Selain itu, Baznas Kota Bandung juga memanfaatkan dana zakat untuk bantuan kemanusiaan kepada para korban bencana di Kota Bandung, seperti bencana kebakaran di Malabar, banjir di Arcamanik, maupun banjir Gedebage dengan besaran beragam. Ganefa

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet