Atasi Kekeringan Pemkot Bandung Akan Bangun Danau Retensi Tambahan

  • 24 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau yang selalu terulang setiap tahunnya, Pemkot Bandung akan menambah jumlah danau retensi. Saat ini, Pemkot Bandung telah membangun satu danau retensi di Jalan Sirnaraga.

"Kami akan upayakan pembangunan danau retensi tambahan sebagai penampungan air sangat dibutuhkan. Nantinya, danau retensi itu bisa sebagai lokasi penampuangan air saat musim hujan untuk persediaan musim kemarau,” ujar Oded di Plaza Balaikota, Senin (15/10/2018).

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Arief Ptaserya mengatakan, pembangunan danau retensi Sirnaraga saat ini sudah mencapai 60 persen. Diharapkan pada Desember nanti  sudah selesai dan bisa dimanfaatkan sebagai penampungan air hujan.

"Mudah-mudahan kolam retensi mampu menampung debit air saat hujan ,"katanya.

Dikatakan Arief, selain danau retensi Sinaraga, Pemkot Bandung juga sedang mempersiapkan pembangunan danau lainnya di kawasan Gedebage. Rencana pembangunan danau retensi Gedebage akan dilakukan pada 2019.

"Sekarang DED (detail engenering design) sedang dilakukan. Rencananya akan dibangun lagi di daerah Gedebage tahun 2019,” ujarnya.

Menurut, Arief, alasan pemilihan di wilayah Timur adalah untuk menanggulangi banjir yang kerap terjadi di depan Pasar Gedebage. Meskipun di wilayah ini sudah ada danau retensi yang volume daya tampung airnya lebih besar, namun ada beberapa spot atau titik wilayah yang tidak tertampung.

"Kami sengaja memilih tempat di kawasan Timur, karena untuk  menanggulangi persoalan banjir yang sering terjadi di Pasar Gedebage,"pungkasnya.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet