ASN Terlibat Kampanye Paslon Tidak Cuti Cabut Jabatan

  • 69 views
  • 0 comments

CIMAHI---Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat dalam kegiatan kampanye paslon harus mengajukan cuti di luar tanggungan negara. Jika melanggar, bisa dikenakan sanksi administrasi hingga pencabutan jabatan.

“Sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Negara/Daerah, yang menyebutkan, pejabat harus mengajukan cuti di luar tanggungan negara, jika ingin terlibat dalam kegiatan kampanye para calon. Jadi seluruh ASN yang terlibat harus mentaati aturan tersebut. Jika  melanggar, bisa dikenakan sanksi administrasi hingga pencabutan jabatan,” tandasnya Ketua Panwaslu Kota Cimahi, Yus Sutaryadi, Senin (19/2/2018).

Diungkapkan Yus, dalam hal pendampingan yang dilakukan ASN, baik ajudan atau sekretaris pribadi (Sekpri) yang berstatus ASN, apabila diharuskan mendampingi pimpinanya maka, harus melakukan cuti.

“Tidak terkecuali, mau ajudan atau pun Sekpri, kalau sudah berstatus ASN harus mengajukan surat cuti di luar tanggungan negara jika terlibat dalam kampanye paslon kepala daerah,”tegasnya.
Lain halnya dengan pernyataan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi Hardjono. Ia mengatakan, ASN melekat seperti ajudan walikota maupun wakil walikota, bisa saja mendampingi pimpinan asalkan, tidak mengenakan seragam ASN. Namun untuk kejelasanya akan dikoordinasikan dulu dengan Panwaslu Kota Cimahi.

“Kalau logika saya itu boleh, sebab cenderung lebih ke pengamanan. Jadi  ajudan bisa ikut mendampingi pimpinan bila kampanye,” ujarnya. Ganefa

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet