Antisipasi Aksi Kriminal Disdukcapil Cimahi Perketat Pengawasan Kostan

  • 0 comments

CIMAHI Ekpos.Com--- Untuk memperketat pengawasan terhadap warga non permanen, dan mengantisipasi adanya aksi kriminalitas, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi meminta dan menyarankan RT RW di Kota Cimahi memiliki data identitas warga pendatang yang tinggal di rumah kontrakan atau kostan.

"Data itu sangat penting untuk mengetahui identitas para penghuni kosan. Kita minta RT/RW untuk memperketat, termasuk secara administrasi," ujar Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hindasyah, di Pemkot Cimahi, Rabu (12/6/2019).

Pernyaataan tersebut dilontarkan karena aksi pencurian di sebuah tempat kostan di 10 kamar kosan milik Ramilan di Jalan Rancabentang No 23, RT 1/26, Kelurahan Cibereum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Dalam kasus tersebuit diduga pelakunya merupakan salah satu penghuni kosan yang hingga saat ini belum diketahui identitas lengkap oleh pemilik kontrakan.

Dikatakan Ade, dalam waktu dekat ini pihaknya juga bakal melakukan operasi yustisi dengan menyasar rumah kontrakan atau kos-kosan di Kota Cimahi.

"Hal itu dilakukan untuk mendata penduduk non permanen. Khususnya warga yang baru datang dari kampung halamannya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga ingin memastikan warga non-permanen memiliki Surat Keterangan Penduduk non Permanen atau disebut sebagai Kartu Identitas Musiman (Kipem) yang hanya berlaku satu tahun.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet