Angka Pengangguran di Kota Cimahi Meningkat

  • 0 comments

CIMAHI, Ekpos.com - Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi pekerja lokal. Hal itu dilakukan agar pekerja lokal bisa diterima bekerja sehingga bisa menekan angka pengangguran di Kota Cimahi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi, Herry Zaini mengatakan, salah satu upayanya adalah dengan bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) yang ada untuk meningkatkan kompetensi pekerja lokal asal Kota Cimahi. Tujuannya, tentunya bisa memiliki kompetensi sesuai kebutuhan perusahaan.

"Karena kan rata-rata pengangguran mungkin lapangan kerja terbatas. Makannya sekarang kita giatkan sertifikasi kompetensi. Kita kerja sama dengan BLK-BLK," kata Herry, Rabu (8/7/2020).

Angka pengangguran di Kota Cimahi mengalami penambahan usai banyaknya pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan akibat wabah virus korona atau Covid-19.

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi, hingga tahun 2019 angka pengangguran tercatat ada 23.584 orang atau sekitar 8 persen dari total penduduk Kota Cimahi yang mencapai 553.755 jiwa.

Sementara sejak adanya pandemi Covid-19, tercatat ada 488 orang dari 12 perusahaan yang terkena PHK hingga menjadi pengangguran baru dan 4.083 orang yang dirumahkan dari 17 perusahaan.

Herry mengatakan, pengangguran baru yang terdampak Covid-19 itu bukan hanya berasal dari berbagai daerah. Bukan hanya yang berdomisili di Kota Cimahi.

"Khusus warga Cimahi yang kena PHK ada 147 orang, kalau yang dirumahkannya 984. Asumsi dengan Covid sekarang bisa naik prediksi mah 12 persen," terang Herry.

Dikatakannya, khusus pekerja yang hanya dirumahkan oleh perusahaan, sebetulnya masih bisa dipanggil kembali jika perusahaannya sudah normal kembali. Namun untuk yang terkena PHK, otomatis sudah tidak akan dipanggil kembali.

"Perusahaan sekarang sudah mulai ada kegiatan lagi. Tapi tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti jaga jarak, pakai masker dan sebagainya," imbuhnya.

Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi, Isnendi menambahkan, untuk peluang pekerjaan saat ini  memang cukup sulit sebab dunia usaha tengah mengalami fase penurunan karena gempuran virus korona. Pihaknya berharap kondisi ini segera berlalu sehingga lowongan kerja yang tersedia pun kembali terbuka. (adero)

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet