Anggaran Infrastruktur Kota/Kabupaten di Jabar Naik Signifikan

  • 21 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Anggaran belanja infrastruktur untuk bantuan kabupaten/kota tahun anggaran 2019, naik sigifikan. Sebelumnya APBD Jabar tahun 2018 untuk sektor tersebut Rp 3,6 triliun, untuk tahun 2019 menjadi Rp 5,6 triliun.

 “Untuk bantuan keuangan kabupaten kota dalam bentuk jalan jembatan irigasi, badan usaha desa, dan untuk revitalisasi pasar memang terjadi kenaikan,” ujar Sekda Jabar Iwa Karniwa, saat pembahasan APBD Jabar 2019 dalam rapat Badan Anggaran DPRD Provinsi Jawa Barat,  di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Senin (5/5/2018).

Dalam rapat tersebut, kata Iwa Karniwa, membahas mengenai pemangkasan dan peningkatan belanja di beberapa sektor. Sedangkan untuk sektor belanja infrastruktur, terjadi kenaikan di sektor bantuan untuk kabupaten/kota. Dukungan dari Pemprov Jabar dibutuhkan untuk meningkatkan akses jalan di kabupaten dan kota yang diharapkan dapat berdampak pada peningkatan aktivitas ekonomi.

“Peningkatan belanjan di sektor infrastruktur ini penting untuk menunjang perekonomian, khususnya pembangunan dan perbaikan akses jalan serta jembatan. Sehingga, ada beberapa sektor dalam APBD yang dipangkas, semisal sektor belanja hibah,”ujarnya.

“Ini terdiri dari belanja tidak langsung Rp 28 triliun dan belanja langsung Rp 8,15 triliun,” ujar Iwa Karniwa ketika ditemui di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat setelah rapat bersama Badan Anggaran DPRD Provinsi Jawa Barat.

Dikatakan Iwa, anggaran untuk belanja dalam APBD Provinsi Jawa Barat tahun 2019 direncanakan Rp 36,2 triliun. Untuk belanja pegawai turun Rp 3 miliar, sedangkan belanja hibah berkurang Rp 131 miliar. Selain itu, penurunan anggaran juga terjadi di sektor belanja pegawai untuk efisiensi.Namun begitu Iwa menebut kalau APBD Jabar 2019 ini masih dalam perencanaan. Sehingga masih dimungkinkan perubahan.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet