Akibat Hujan Deras, Akses Jalan Desa di Parongpong Sempat Terputus

  • 0 comments

PARONGPONG, Ekpos.Com--- Akibat hujan deras yang mengguyur, tebing setinggi 15 meter dan lebar 10 meter di Kampung Cicarita RT 4/19, Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) longsor, Rabu (6/11/2019) malam.

Akibatnya, akses jalan desa yang menghubungkan Kampung Cicarita dan Kampung Geger Arum jadi tertutup. Sejumlah warga dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB harus membersihkan sisa longsor yang berserakan di lokasi kejadian tersebut.

"Akibatnya, warga desa harus memutar atau mengambil jalur alternatif untuk menuju kedua lokasi tersebut karena lokasi longsor berada di lereng bukit yang diapit tebing dan perairan," ujar Pelaksana lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Rudi Wibiksana saat dikonfirmasi.

Tak hanya itu, lima rumah warga yang berada diatas tebing itu juga, kata Rudi, terancam longsor karena masih terlihat adanya retakan-retakan pada bagian tebingnya.

"Untuk membuka akses jalan petugas dari BPBD, Koramil, Polsek dan warga masyarakat bergotong royong membersihkan material longsor yang menutup badan jalan," katanya.

Ia mengatakan, untuk lima rumah warga yang terancam longsor sudah diberikan imbauan agar mengungsi terlebih dahulu karean Dikhawatirkan terjadi longsor susulan saat hujan deras yang sewaktu-waktu mengguyur daerah itu.

"Petugas BPBD sudah mengimbau kepada pemilik rumah yang terancam. Imbauan tersebut diharapkan agar pemilik rumah mengungsi," kata Duddy.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet