Agar Menghasilkan Lulusan Kompeten, SMK Dianjurkan Gunakan Kurikulum Industri

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Untuk menyiapkan lulusan yang kompeten di kompetensi keahlian yang dimiliki, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  dianjurkan menyesuaikan sistem pembelajaran dengan menggunakan kurikulum industri.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMKN 1 Soreang, Khoeruman.  

Menurutnya, penerapan kurikulum industri bertujuan menyeleraskan kompetensi yang dimiliki siswa. Ia menilai, jika mengacu pada kurikulum yang ada saja, siswa hanya mampu menguasai kemampuan dasar, belum punya kemampuan spesifik sesuai kebutuhan industri.

“Ada dua aspek yang menjadi fokus kurikulum industri, yakni mendidik anak agar memiliki general skill dan soft skill. Pada aspek pertama, seluruh siswa diharuskan menguasai kemampuan dasar, seperti mampu memperbaiki alat elektronik. Sedangkan satu lagi special skill, yakni fokus pada bidang kompetensi. Di sana ada analisis dan siswa tidak dirancang hanya menjadi mekanik, tapi juga service adivisor atau pemberi saran," tuturnya, Jumat (3/01/2020).

Poin terakhir, tambahnya, amat penting dikuasai oleh siswa. "Ketika kita melayani pelanggan, kita bukan hanya bisa memperbaiki, tapi juga harus bisa berbicara dan mengidentifikasi sedini mungkin kerusakannya apa. Analisis seperti ini yang belum dikembangkan, padahal habbit seperti itu harus segera disiapkan," paparnya.

Sedangkan di aspek soft skill, Khoeruman menekankan pentingnya siswa memiliki karakter budaya industri. "Seperti, memahami standar operasional prosedur (SOP) serta memerhatikan kesehatan dan keselamatan kerja (K3)," ucapnya.

Menurutnya, penerapan kurikulum industri harus sejalan dengan masifnya kerja sama atau link and match antara satuan pendidikan dengan pihak industri. Hal tersebut tentu akan menunjang pembelajaran, sekaligus memperluas peluang kerja bagi siswa.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet