Agar Lulusan Kompeten, SMKN 2 Baleendah Gandeng Lembaga Sertifikasi Profesi

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com---Sebagai upaya meningkatkan kompetensi lulusannya sesuai kebutuhan industri, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Baleendah Kabupaten Bandung menjalin kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi untuk.

Kepala SMKN 2 Baleendah, Syamsudin Hermawan mengatakan, sertifikat kompetensi tak hanya menjamin lulusan SMK mempunyai kompetensi  yang sesuai, tapi juga sebagai branding.

“Diharapkan siswa yang mendapatkan sertifikat kompetensi, lebih mudah diterima bekerja di industri. Namun, untuk bisa mendapatkan sertifikat kompetensi, terlebih dahulu siswa harus mengikuti uji kompetensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Satu (LSP-P1),” tuturnya saat dihubungi, Selasa (14/01/2020).

Sebelumnya, menurut Syamsudin, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendorong semua siswa SMK agar bisa mendapatkan sertifikat kompetensi. Untuk mendukung program ini, SMKN 2 Baleendah mendirikan LSP-P1 disertai penandatanganan pakta integritas sebagai bentuk dukungan.

“Upaya yang kami lakukan ini tentu untuk mendukung program pemerintah. Seluruh unsur manajemen pun tengah berusaha mendapatkan lisensi sertifikat LSP. Bahkan, upaya kita ini didukung beberapa instansi terkait guna menyukseskan langkah ini,” ungkapnya.

SMKN 2 Baleendah mempunyai 5 jurusan, yakni kimia industri, teknik komputer dan jaringan, tata boga, tata busana, dan tata kecantikan. Berbagai cara pun terus dilakukan guna mewujudkan SMK berstandar internasional yang menghasilkan sumber daya manusia (SDM) mandiri, berjiwa wirausaha, terampil, kompeten dan andal, menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta selalu menjunjung tinggi nilai-nilai iman dan takwa. 

“Berbagai upaya kami lakukan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi siswa sesuai keahliannya. Tak sekadar itu, siswa yang lulus juga bisa menjadi lebih mandiri dan memiliki wawasan global dan berdaya saing sehingga bisa menciptakan lapangan kerja,” tutupnya.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet