440 Sekolah Binaan LPMP Diharapkan Mampu Mengedukasi Sekolah Lain

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Sebanyak 440 sekolah binaan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat (Jabar), yang telah menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), diharapkan mampu mengimbas sistem tersebut ke seluruh sekolah sebagai sekolah terimbas.

"Mudah-mudahan ini mampu memotivasi satuan pendidikan lain untuk sama-sama meningkatkan capaian delapan standar mutu pendidikan di sekolah," ujarnya, saat menghadiri Forum dan Expose Program Penjaminan Mutu Pendidikan yang digelar di El Hotel Royale, Jln. Merdeka No. 2, Kota Bandung, Kamis (28/11/2019).

Adapun delapan standar mutu pendidikan di sekolah, yakni standar kompetensi lulusan, isi, proses, pendidikan dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan pendidikan serta penilaian pendidikan.

"Ini adalah tanggung jawab kita bersama," katanya.

Hal senada diungkapkan Sekdisdik Jabar, Firman Adam. Menurutnya, penjaminan mutu menjadi bagian strategis dalam pembangunan pendidikan. Hal tersebut tak lepas dari penjaminan mutu yang sifatnya sebagai internal quality assurance atau syarat dan standar kualitas yang harus ditetapkan oleh sekolah.

"Program SPMI ini telah diimplementasikan beberapa tahun. Dampaknya sangat bagus dan memang harus diimbaskan ke sekolah lain di Jabar," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala LPMP Jabar, Gusmayadi Muharmansyah menjelaskan, penerapan SPMI merupakan upaya pihaknya untuk membudayakan mutu dan mencerdaskan anak bangsa melalui satuan pendidikan, mulai dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) hingga sekolah menengah atas (SMA). Setelah dilepas, ia berpesan kepada 440 sekolah binaan untuk bisa mengimbas sistem tersebut ke seluruh sekolah di sekitarnya sebagai sekolah terimbas.

"Kami harap, pemerintah daerah dapat mengoptimalkan dan memperdayakan sekolah binaan yang telah dilepas untuk mengakselerasikan pendidikan agar mencapai delapan standar nasional pendidikan," pungkasnya.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet