36 Mahasiswa Jurusan SI Fakultas Adab dan Humaniora UIN SGD PPL di Malaysia

  • 1 comments

MALAYSIA, Ekpos.Com---Sebanyak 36 Mahasiswa jurusan Sastra Inggris (SI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, mengikuti program Praktik Profesi Lapangan (PPL) di Malaysia dari tanggal 19–23 Agustus 2019.

Ketua Prodi SI, Lili Awaludin, MA menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya mengaplikasikan teori-teori kebahasaan (linguistics dan language skills) dan keagamaan yang telah dipelajari dan diterima sejak semester I. Maka pada semester V, para Mahasiswa diterjunkan untuk mengikuti PPL di wilayah Bandung, Sumedang, Yogyakarta, dan Malaysia.

"Pada tahun sebelumnya PPL International sudah dilaksanakan di Singapura, kali ini  giliran Malaysia menjadi wilayah PPL UIN Bandung. Diikuti 36 Mahasiswa terdiri dari 10 laki-laki dan 26 perempuan, dibawah dosen pembimbing lapangan (DPL) Drs. Irman Nurhapituddin, M.Hum dan Dr. Andang Saehu, M.Pd," tegasnya, Sabtu (24/08/2019).

Erwinsyah, SH., LLM., Wakil Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI untuk Malaysia menyambut secara resmi kedatangan peserta PPL Internasional. Bahkan ia pun sempat berbagi pengalamannya dengan para peserta.

“Dari sekian banyak universitas di Indonesia yang berkunjung ke Malaysia, hanya UIN Sunan Gunung Djati yang melapor dan sowan ke rumah orang Indonesia, KBRI. Kebanyakan WNI yang berkunjung ke Malaysia, hanya ingat dan datang pada saat mereka mendapat masalah saja. Tetapi, UIN SGD Bandung prioritaskan kami, untuk bersilaturahim ke rumah mereka," imbuhnya.

Menurut Andang Saehu, kegiatan  PPL Internasional sesuai visi UIN Bandung untuk menjadi universitas yang unggul dan kompetitif berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlakul karimah di ASEAN tahun 20125.

“Tampaknya tidaklah mungkin UIN SGD Bandung berkibar di kancah ASEAN, jika bukan kita selaku akademisi fungsional, struktural, dan mahasiswa yang selalu menjaga nama baik dan mengibarkan almamater tercinta dimanapun kita berada, termasuk di Malaysia,” papar Andang.

Dalam pelaksanaanya, kegiatan PPL Internasional menggiring mahasiswa untuk dapat mengenalkan UIN SGD Bandung kepada masyarakat dunia.  Output dari kegiatan PPL Internasional tersebut diharapkan Mahasiswa memiliki kemampuan travel writing dalam bahasa Inggris yang dituangkan ke dalam buku antologi ber-ISBN

Harapan terbesar kami, baik Doden Pembimbing PPL maupun peserta agar UIN SGD Bandung lebih berkibar lagi di kancah luar negeri. "Sebaiknya setiap tahun pimpinan fakultas lebih mensupport tim pelaksana PPL pada setiap jurusan atau program studinya untuk mengembangkan program PPL ke negara-negara ASEAN," tandas Andang.(m isan)

Komentar
  • Jimmy Alfiqri
  • 24 Agust 2019 20:28:48

Mantap betul 👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻

Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet