23 Pelajar Jabar Siap Diberangkatkan ke Kaltim Ikuti SMN

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Untuk lebih mengenal budaya nusantara, sebanyak 23 pelajar Jawa Barat (Jabar) siap mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Tahun 2019 di Kalimantan Timur. Kegiatan yang digagas Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, merupakan rangkaian acara dari program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika menjelaskan, program SMN mampu meningkatkan motivasi siswa untuk mempelajari budaya nusantara secara langsung.

“Mereka akan terjun langsung ke lapangan. Selain untuk lebih mengenal budaya dan kewirausahaan local,  mereka juga bisa mempelajari bagaimana manajemen dan pengelolaan aset berkelanjutan yang dilakukan BUMN,” ucap Kadisdik.

Ia berharap, ke depan ada lebih banyak pelajar yang mampu berpartisipasi dalam SMN. Untuk tahun ini total seluruh peserta dari Jabar ada 30 orang. “Dari SMA ada 14 orang, SMK (13), dan SLB (3), sudah termasuk para pembimbing dari masing ,” jelasnya. 

Sementara itu, Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga, Alex Denni menuturkan,tujuan kegiatan ini fokus untuk membangun sumber daya manusia yang unggul.  Waktunya dilaksanakan serentak di seluruh provinsi, dengan jumlah 800 peserta yang sebelumnya telah melewati proses seleksi. 

“Kita tahu bahwa pembangunan infrastruktur di Indonesia telah berkembang pesat. Sekarang saatnya membangun dan meningkatkan sumber daya manusia yang ada. Terlebih, nanti Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, sehingga harus kita persiapkan,”ujarnya.

Alex menyatakan, beberapa kegiatan yang akan ditempuh peserta SMN, antara lain pengenalan budaya lokal, adat istiadat, kewirausahaan, pengenalan perusahaan BUMN, dan membangun jejaring.

“Program ini bukan hanya untuk menambah wawasan, tapi juga upaya memahami betapa kayanya negera ini dan betapa besar juga tanggung jawab kita dalam membangun keutuhan bangsa,” pungkasnya.***

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet