14 Kota Kabupaten di Jabar Masih Nunggak KTP-el

  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Jawa Barat, Heri Suherman, mengatakan dari 27 kabupaten dan kota di Jabar, baru 14 di antaranya yang sudah tidak memiliki tunggakan pencetakan KTP elektronik.

"14 kabupaten/ kota sudah menyelesaikan pencetakan KTP elektronik. Sebelumnya sempat bertumpuk karena kecepatan perekaman berbeda dengan kecepatan pencetakan. Selain itu  mesinnya juga terbatas," kata Heri di Gedung Sate, Kamis (14/3/2019).

14 daerah tersebut yakni Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, Kota Bekasi, Kota Cimahi, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Bandung Barat.

Untuk mengejar target penuntasan pencetakan pada 17 April 2019, yakni saat Pileg dan Pilpres 2019, pihaknya akan melakukan percepatan percetakan di 13 daerah tersebut akan dibantu oleh pihak ketiga, Perum PRNI.

"Karena tidak memungkinkan selesai sebelun 17 April 2019, jika pakai alat sendiri. Dirjen Pencatatan Sipil akan menggunakan pihak ketiga, yakni PRNI untuk membantu pencetakan di 13 daerah. Sehingga sebelum Pilpres beres," katanya.

Dijelaskannya, Kabupaten Bogor, Karawang, Bekasi, dan Indramayu, adalah daerah dengan jumlah tunggakan pencetakan KTP elektronik terbanyak, di atas 40 ribu KTP. Sedangkan daerah yang paling banyak belum melakukan perekaman data adalah Kabupaten Ciamis.

Sebanyak 14 daerah ini, katanya, tinggal mencetak KTP elektronik dari penambahan jumlah wajib KTP yang terus bertambah setiap harinya. Sedangkan, 13 daerah lainnya harus bekerja keras, sambil menunggu giliran bantuan pencetakan dari Perum PRNI.

Sebulan menjelang Pilpres dan Pileg 2019, sebanyak 13 daerah di Jawa Barat masih menunggak pencetakan KTP Elektronik ( KTP-el). Untuk menggenjot pencetakan, Perum Percetakan Negara RI (PNRI), sebagai pihak ketiga akan ikut mencetak KTP elektronik.

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet