Kinerja Sinergis Berbuah Penghargaan APE dan KLA

  • 60 views
  • 0 comments

Bandung, Ekpos.com

Kerja keras, motivasi tinggi, tulus, serta punya komitmen untuk maju adalah kata kunci untuk sukses dalam semua hal dan keadaan. Itulah prinsip hidup yang selalu dipegang  DR. Endah Ratnawaty Chotim, M.Ag,M.Si.  Kesibukan sebagai akademisi di salah satu Perguruan Tinggi, tidak membuat ia berdiam diri dan tidak menutup mata terhadap dunia luar , kepedulian terhadap kaum perempuan dan anak menjadi pokus perhatiannya. Marak nya perdagangan perempuan dan anak  (trafficking), diskriminasi dan eksploitasi. Menjadikan ia tergugah jiwanya, terpanggil hatinya untuk terlibat sebagai bagian dari solusi menyelamatkan dan melindungi mereka. Sejak dipercaya oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), menjadi ketua fasilitator atau konsultan PATBM untuk provinsi Jawa barat, Ia terus membangun komunikasi, koordinasi dan konsilidasi dengan semua stakeholder bagai mana memberdayakan peran dan  kiprah perempuan dan perlindungan anak di kabupaten/kota di Jawa Barat.

“ Kami harus berupaya bagaimana memotivasi dan memberi ruang bagi perempuan agar bisa berkiprah dan mengambil peran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena hakikatnya perempaun punya kemampuan dan intelektualitas yang tidak kalah dengan kaum Adam, begitu juga bagaimana kita menyelamatkan anak anak sebagai generasi bangsa dari tindakan kekerasan, diskriminasi dan eksploitasi yang menghancurkan masa depannya.”Tandas Endah Optimis.

Sebagi konsultan di Kabupaten Bandung Barat,dan Cirebon. Ia terus, membangun komunikasi dan  komitmen sinergis dengan pemerintah dan masyarakat serta elemen terkait,  memberikan masukan,pemahaman,dan pencerahan,pengkaderan serta monitoring ke semua wilayah, untuk mewujudkan program kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan  atau pemenuhan hak anak.

Berkat kinerja sinergis tersebut, akhirnya berbuah hasil yakni KBB dan Cirebon mendapat dua penghargaan yakni sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA, katagori Pratama 2017) dan APE (Anugrah Parahita Ekapraya, katagori Mentor, 2016) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Penghargaan KLA bagi KBB dan Cirebon, tahun 2017 bagian dari 15 kab/kota yang mendapat penghargaan  di Jawa Barat, dan penghargaan  APE KBB dan Cirebon, tahun 2016 bagian dari 13 kab./kota yang mendapat penghargaan di Jawa Barat.” Alhamdulillah, KBB dan Cirebon bisa mendapat 2 peghargaan KLA dan APE dari KPPPA, ini berkat kerja keras  yang sinergis semua pihak, “ ungkap Endah yang juga Dosen FISIP UIN SGD Bandung.(**harry gibrant)

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet