DAMRI AWali Armada Angkutan Bandung Bandara Kertajati

  • 29 views
  • 0 comments

BANDUNG, Ekpos.Com--- Perum DAMRI luncurkan armada rute Bandung Bandara Internasional Jawa  Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. Rute bus ini akan melayani penumpang dari Bandung, Cirebon, Kuningan, dan Cikarang, menuju Bandara Kertajati, atau sebaliknya. Peresmian rute bus ini dilakukan dengan acara gunting pita dan pelepasan bus ke empat kota tujuan tersebut dari Terminal Bandara Kertajati, Selasa (5/6/2018).

Hadir dalam peresmian tersebut Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, Direktur Utama Perum Damri Setia N Milatia Moemin, dan Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra.

Direktur Utama Perum DAMRI, Setia Milatia Moemin mengatakan di tahap pertama, Bandung dan Cirebon menjadi pangsa pasar besar‎ pengguna transportasi udara, yang mulai dilayani di penerbangan komersial perdana dari Bandara Kertajati mulai Jumat, 8 Juni 2018.

Sedangkan untuk melayani penumpang dari Bandung menurut Setia, titik keberangkatan di Pool Damri Kebon Kawung, kemudian melalui Tol Cipali dan langsung ke Bandara Kertajati. Sedangkan dari Cirebon, titik keberangkatan dari Terminal Harjamukti. Waktu pemberangkatan akan menyesuaikan dengan jadwal penerbangan.

"Damri hadir untuk support langsung Bandara Kertajati. Karena kita ketahui, airport itu solusi kemacetan. Agar bisa mengurangi penggunaan pribadi yang saat ini sudah terlalu tinggi," kata Setia dalam sambutannya.

Setia mengatakan Bandara Kertajati ini bertaraf internasional, sehingga ‎harus didukung dengan berbagai moda transportasi lainnya untuk menunjang aksebilitas di dalamnya. Sebelum hadirnya kereta, baik konvensional maupun kereta cepat, Damri berinisiatif untuk melakukan pelayanan pada masyarakat.‎

Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra menambahkan, ‎kehadiran Damri ini menjadi solusi terintegrasinya Bandara Kertajati dengan masyarakat di berbagai daerah Jawa Barat. Sehingga dengan adanya transportasi umum ini akan memudahkan masyarakat.

"‎Dulu saya belum bisa menjawab ketika  ada yang nanya aksesnya gimana ke sini. Sekarang saya sudah bisa jawab karena Damri beroperasi di sini. Kalau kami pihak bandara sangat bersyukur, artinya Damri akan bisa mempermudah akses ke sini dan keluar setelah penerbangan," katanya.

Menurut Virda, untuk menuju Kertajati, Tol Cipali masih menjadi andalan masyarakat. Tol terpanjang di Indonesia saat ini mengakomodasi masyarakat Bandung Raya, Purwakarta, Subang sampai Bogor dan sekitarnya. Hadirnya Tol Cisumdawu pada 2020 tentu akan semakin mempermudah masyarakat di selatan Jawa Barat menuju Kertajati.

"‎Selanjutnya Cisumdawu tahun 2020 bisa terkoneksi ke sini. Tol Cipali juga sudah tersambung ke Brebes, jadi catch penumpang dari Jawa Tengah juga bisa ke sini," imbuhnya.

Sementara Dedi Taufik menyatakan, ‎hadirnya Damri dari dan ke Kertajati memang sudah seharusnya untuk memudahkan konektivitas. Akan sia-sia jika bandara Kertajati yang sudah dibangun semegah mungkin, tidak disinergikan dengan pendukung lainnya.

‎"Bandara kalau enggak ada koneksi percuma. Damri yang masuk adalah bentuk kolaborasi. Kita selaku regulator akan mempermudah segala-galanya. Koneksi harus jelas, mau kemana atau dikemanakan," ujarnya.

Dia berharap, dibukanya rute Kertajati ke berbagai daerah bisa menjadi trigger untuk pengusaha bus lainnya. Sebab Bandara Kertajati akan melayani sekitar 5,6 juta penumpang ‎per tahunnya. Dan akan terus bertambah untuk menunjang kebutuhan konektivitas. Ganefa

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet