Saintek UIN SGD Dorong Para Dosen Kuasai Kompetensi Pedagogik

  • 0 comments

 

Bandung, Ekpos.com

Dalam upaya meningkatkan kualitas para dosen bidang  kompetensi  metodelogi pemebelajaran.Fakultas sains dan teknologi UIN GD Bandung menggelar workshop tentang “ Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen Sain dan Teknologi”.Workshop yang dibuka rektor UIN SGD Bandung Prof.Dr.Mahmud, M.Si,  dilaksanakan secara virtual  selama Empat hari (senin 27 juli-Kamis 30 juli 2020). Kegiatan ini  di ikuti 343 peserta dosen dan guru  seluruh indonesia dan  mengundang 7 orang nara sumber yang berkompeten dibidangnya yakni:

Prof.Dr.Nanat Fatah Natsir, MS (Guru Besar UIN SGD), Dr.Chairul Rochman, M.Pd, (UIN SGD), Dr.rer.nat.Ahmad Mudzkir,M.SI (UPI),Prof.Dr.Uman Suherman AS, M.Pd, (Guru Besar UPI),Prof.Dr.Ir.Ichsan Setya Putra (Guru Besar ITB), Prof.Dr.Ani Rusilowati,M.Pd (Guru Besar UNS) dan Prof.Dr.Hj.Rahayu Kariadinata, (Guru Besar UIN SGD).

Dalam sambutanya Dekan FST Dr.Hasniah Aliah, M.Si meminta seluruh dosen harus mengikuti workshop ini, sebab  dosen FST secara umum tidak mendapatkan materi kompetensi Pedagogik dalam pendidikan formalnya. Padahal lanjut Dekan, dalam proses belajar mengajar, kemampuan memahami mahasiswa dan merancang melaksanakan pembelajaran kepada mahasiswa merupakan satu rangkaian yang utuh yang harus dimiliki dosen dalam memberikan  pengajaran dan pendidikan. Bukan hanya itu, ada upaya lain untuk mengevaluasi hasil pembelajaran secara rutin dan terus berupaya melaksanakan serta tanggap terhadap kebutuhan mutu pendidikan yang berbasis out come based edukation.

Dijelaskan, untuk pembelajaran yang melibatkan kebutuhan terkini dari lulusan sains dan teknologi yang diadaptasi dari konsorsium serta kebutuhan yang menonjolkan Saintek berbasis Wahyu Memandu Ilmu di PTKAI, khusunya di UIN Bandung.” Seluruh dosen FST  dituntut untuk  terus berinovasi dalam proses pembelajaran dan pendidikan, “ ujarnya.

Sementara Rektor UIN SGD Bandung Prof.Dr.Mahmud, M.Si sangat mengapresiasi Dekan FSTdan jajarannya yang punya inisiatif tinggi memampaatkan situasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi para dosen di bidang kompetensi pedagogik.

“ Dosen FST secara kompetensi materi  tidak diragukan, tapi dalam sisi kompetensi pedagogik perlu ada penguatan secara intensif dilakukan.” Tegas rektor.

Ditegaskan Rektor, pengusaan metodelogi lebih penting ketimbang penguasaan materi.sebab pengusaan materi tidak ditopang oleh pengusaan terkait metodelogi pembelajaran hasilnya kurang sempurna. “ kami mendukung ikhtiar FST mengadakan workshop peningkatan kompetensi pedagogik dosen sebagai upaya ideal  dalam rangka pemberian layanan pembelajaran kepada mahasiswa.

Rektor berharap FST bisa menjadi jalan tol untuk  mengaplikasikan wahyu memandu ilmu karena keilmuanya yang ada di FST sangat relevan sekali.***hr 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Ekpos, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.
©2014 Ekpos All right reserved   Developed by javwebnet